Lokakarya Mini Tribulanan Puskesmas Bersama Lintas Sektor Gagas Kecamatan Kota Barat Tangguh Covid-19

0
575

Gorontalo – Puskesmas Kota Barat menggelar Loka Karya Mini bersama lintas sektor. Kegiatan ini diselenggarakan atas dasar PMK No.44 tahun 2016 tentang manajemen Puskesmas, DPA dana Bantuan Operasional Kesehatan(BOK) FKTP Puskesmas Kota Barat tahun 2020, Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Kesehatan(BOK) tahun2020 dan surat tugas Kepala Puskesmas Kota Barat tentang Panitia Lokakarya Mini Tribulanan No: 445/PKM/205/VI/2020 tanggal 24 Juni 2020.

Diberitakan, Lokakarya mini Tribulanan kedua, Puskesmas Kota Barat, Selasa (30/6/2020) di Restoran Diamond kelurahan Molosifat kecamatan Kota Barat.

Kepala Puskesmas Kota Barat dr. Anwar Pasaribu saat ditemui media ini mengakui banyak program yang tidak mencapai target akibat Pandemi COVID-19, namun pihaknya berkomitmen untuk tetap akan menindaklanjuti.

“Intinya ada sembilan Rencana Kerja selama 3 (tiga) bulan kedepan, Juli, Agustus dan September yaitu pemantauan pertumbuhan Posyandu, imunisasi ibu hamil, Lansia, kebersihan fepot air minum, Skrining dan Tracking kontak COVID-19, lokasi kantor kawasan tanpa rokok, Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga dan terakhir Tancap Nikah (PIS-PK),” ucapnya.

Selain itu, kata dr. Anwar, selanjutnya ditambahkan dengan usulan dari lintas sektor yakni kegiatan masing-masing sektor dalam mengembangkan peran serta masyarakat, inventarisasi peran bantu masing-masing sektor, pembagian masing-masing sektor dan perumusan rencana kerja masing-masing sektor dalam 3 (tiga) bulan yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, dr. Nur Albar dalam sambutannya mengatakan sosialisasi pencegahan Virus COVID-19 sangat penting untuk diteruskan kepada masyarakat melalui penyuluhan kesehatan masyarakat agar tetap patuh dalam aturan kedisplinan di masa era New Normal.

“Tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yang mana sekarang ini sudah dibukanya semua tempat-tempat usaha rumah makan, mall, tempat hiburan dan tempat usaha lainnya. Insya Allah semua yang hadir mendukung program inovasi daerah dalam program tancap nikah,” jelasnya.

Camat Kota Barat Abdul Karim Panu menuturkan, lokakarya mini tribulanan kedua Puskesmas Kota Barat ini sudah menjadi Program setiap tahun di laksanakan dengan melibatkan Lintas Sektor yang ada di wilayah kecamatan Kota Barat untuk mencapai tujuan pelayanan prima kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Kita akan buat Kecamatan Kota Barat menjadi Kecamatan Tangguh COVID-19, dengan catatan kita menyiapkan rumah Isolasi yang ada di wilayah Kota Barat untuk pasien OTG,” singkatnya disambut teriakan semangat dari peserta.

Adapun lintas sektor siap mendukung seluruh program dan kegiatan Puskesmas Kota Barat dengan meminta pertemuan rutin agar diselenggarakan sekali dalam seminggu.(wiwan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here