Pembangunan Jalan Dana Desa di Lambunu Induk Disorot

0
415

Parigi Moutong – Peran aktif masyarakat dalam mengawal dana desa kembali terlihat. Kali ini yang disorot adalah proyek perintisan dan perkerasan jalan di desa Lambunu Induk kecamatan Lambunu kabupaten Parigi Moutong.

Proyek bernilai Rp.175.264.000 tahun anggaran 2019 yang tepatnya bersebelahan dengan kantor desa Lambunu Induk ini terkesan dikerjakan asal jadi.

Disinyalir, kegiatan tersebut hanya menjadi bancakan oknum aparat desa karena tak sesuai harapan. Pasalnya, fisik proyek diduga tidak sesuai dengan nilai anggaran yang tergolong menelan angka fantastis.

“Kalau kami lihat sepintas, terlihat dari kasat mata saja. Namun, kalau bicara kualitas, masih jauh dari harapan,” ucap Ketua DPC Lembaga Pemerhati Khusus Nasional Republik Indonesia (LPKN-RI), Parni C. Subahana saat bersua dengan media ini, Rabu (1/7/2020).

Tidak hanya anggaran yang dinilai tidak proporsional, menurut Parni, pengerjaannya dinilai asal jadi, sebab tidak ada pemerataan struktur jalan yang dibangun pada saat pembangunan menggunakan alat berat atau wales.

Batu sebagai lapisan atas jalan tidak rata dan menyulitkan warga melintasi jalan tersebut. “Warga setiap hari melewati jalan yang dibangun, menjadi saksi mata, sumber tanahnya dari mana, dan proses pembangunannya seperti apa. Semuanya sangat jelas diungkap,” cetus Parni.

Parni pun berharap pemerintah melalui dinas terkait agar dapat melakukan cross check ke lapangan guna memeriksa baik fisik maupun administrasi. Sebab, dirinya menduga banyak pekerjaan yang dikerjakan asal-asalan oleh oknum pejabat desa sehingga menuai kontroversi di tengah-tengah masyarakat.

“Sangat jelas terpampang pada proyek, waktu pengerjaan pembangunan pun tidak tercantum. Ini satu bukti bahwa terkesan tak adanya transparansi (keterbukaan informasi) terkait pengerjaan tersebut. Pembangunan ini kan tujuannya agar bermanfaat luas bagi peningkatan ekonomi rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, hingga berita ini dipublish, pihak terkait belum bisa dikonfirmasi terkait hal ini.(TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here