LP3K Bolmut Dorong Percepatan Pengalihan Status Pelabuhan Tuntung Sidupa

0
398

Bolmut, Sulut – Pelabuhan Tuntung Sidupa yang masih dikendalikan oleh syahbandar Kwandang Gorontalo Utara menjadi pertanyaan sejumlah warga masyarakat.

Pasalnya sejak dibangun 10 tahun lalu, pelabuhan Tuntung Sidupa ini tidak ada kegiatan selayaknya pelabuhan padahal jika fasilitas ini diberdayakan akan dapat mendongkrak pendapatan dan perekonomian masyarakat khususnya dalam hal transportasi laut baik untuk kapal penumpang dan kapal barang baik antar kota maupun provinsi.

Lembaga Pemantau Pembangunan Pemerintahan dan Kemasyarakatan (LP3K) Bolmut Abdul Kadir Hangkiho saat bertemu media ini merasa heran dengan kinerja DPRD maupun Pemkab Bolmut.

“Iya heran juga sih, sampai saat ini DPRD dan Pemkab terkesan tidak serius melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi maupun pusat tentang optimalisasi fungsi pelabuhan Tuntung Sidupa,” ucapnya, Sabtu (4/7/2020).

Padahal kata dia, DPRD Bolmut dan Pemkab Bolmut sering menggunakan anggaran perjalanan dinas dengan alasan kunjungan kerja tetapi hasilnya belum ditindaklanjuti.

“Kami berharap DPRD dan Pemkab segera menindaklanjuti kejelasan status Pelabuhan Tuntung Sidupa agar segera beroperasi dan bermanfaat. Saya rasa jika pelabuhan ini beroperasi akan berdampak positif terhadap ekonomi sosial masyarakat dan mampu meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat,” terangnya.

“Hingga sekarang Pelabuhan Tuntung Sidupa masih dibawah Syahbandar Pelabuhan Kwandang, Gorontalo Utara. Sehingga tidak terorganisir dengan baik. Kami sangat berharap pemerintah provinsi dan pusat segera menetapkan status Pelabuhan Tuntung Sidupa dengan syahbandar yang otonom, tentunya dengan kajian-kajian yang konstruktif,” tambah Hangkiho.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bolmut Uten Datunsolang, SPd Msi saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“Iya, Pelabuhan Tuntung Sidupa saat ini masih dibawah kendali Syahbandar Kwandang, Gorut karena hal itu masih melalui kebijakan pemerintah pusat. Tetapi kami (Pemkab Bolmut) akan segera melakukan koordinasi untuk segera melakukan kajian agar kedepan kabupaten Bolaang Mongondow Utara sudah memiliki Syahbandar sendiri. Doakan saja agar dapat segera terwujud,” singkatnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here