Kades Caritas Sogawunasi Tegaskan BLT Sudah Tersalur

0
429
Kepala Desa Caritas Sogawunasi, Faonalala Giawa

Nias Selatan – Kepala Desa Caritas Sogawunasi kecamatan Lolomatua kabupaten Nias Selatan, Faonalala Giawa menegaskan bantuan langsung tunai (BLT) yang dimulai dari bulan April hingga Juni di desa sudah tersalurkan.

“Memang diakui ada keterlambatan karena harus mencocokkan data dengan akurat agar penyaluran tepat sasaran. Buktinya dari data awal penerima ada 62 KK tapi setelah disortir ada nama yang sudah dobel menerima bantuan, diantaranya menerima BST maka ditetapkanlah 56 penerima,” ucapnya saat bersua dengan media ini, Jumat (10/7/2020).

Setelah diverifikasi kembali, kata Faonalala, maka pada tanggal 9 Juni, pihaknya membagikan BLT tersebut senilai Rp 1,2 Juta kepada tiap penerima.

“Jadi tanggal 8 Juni kami lakukan penarikan dana, esoknya langsung kami salurkan BLT untuk dua bulan yakni April dan Mei. Dan ini diserahkan langsung oleh pak Camat secara simbolis kepada penerima, kemudian pembagian dilanjutkan oleh pemerintah desa melalui perangkat desa,” jelasnya.

Faonalala juga menambahkan bahwa pembagian secara simbolis juga dihadiri Kapolpos Lolomatua, Korwil Lolomatua, mewakili PD dan PLD.

“Ini disertai dengan penandatanganan kwintasi tanda terima, surat tanda terima secara kolektif dan terakhir surat pernyataan yang isinya jika penerima BLT menerima BST atau bantuan lainnya maka si penerima siap mengembalikan dana tersebut, karena ada aturan bahwa jika nantinya penerima BLT itu terdaftar pada penerima BST maka dia harus memilih salah satu. Dan perlu diketahui, saat itu penerima menerima BLT tersebut lalu menandatangani surat tersebut,” jelasnya.

“Untuk BLT bulan Juni juga sudah disalurkan Rabu, 8 Juli dan perlu saya tegaskan tak ada potongan terhadap bantuan tersebut,” tambah Faonalala.

Terpisah, Camat Lolomatua Alinudin Laia saat dihubungi via seluler mengapresiasi kinerja pemerintah desa Caritas Sogawunasi. “Intinya sudah disalurkan semua, April hingga Juni. Pada pembagian awal memang saya langsung memberikan bantuan tersebut secara sombolis kepada penerima, dan setahu saya hingga berakhirnya kegiatan tersebut tidak ada masalah,” singkat Camat.(fer/dmg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here