Gerakan Nasional Perkebunan Kakao di Bolmut Diduga Fiktif ?

0
525

Bolmut, Sulut – Pemerintah kian giat dengan kakao. Setelah mengajukan anggaran untuk program kakao berkelanjutan pada tahun 2015, Kementerian Pertanian (Kemtan) kini bersiap segera melaksanakan empat program kakao.

Dalam usulan alokasi  anggaran  Kemtan Rp1,2 triliun untuk pengembangan kakao berkelanjutan di 15 provinsi.

Nah, dari dana tersebut empat program yang disiapkan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjen) yakni: rehabilitasi, intensifikasi, peremajaan dan kawasan pengembangan integrasi kakao peternakan atau intercrop.

Namun program Gerakan Nasional perkebunan kakao di Bolmut desa Inomunga kecamatan Kaidipang justru dipertanyakan. Pasalnya alokasi anggaran APBN Ratusan juta hingga miliaran ini telah diduga disalahgunakan oleh oknum tertentu sehingga keberadaan perkebunan tersebut fiktif.

Kabid Perkebunan Bolmut Yulin Kohongia, SE Msi saat dikonfirmasi media ini menjelaskan bahwa dirinya belum menjabat ketika adanya anggaran terkait program Kakao.

“Saya belum tahu seperti apa keberadaan program perkebunan kakao di Bolmut, memang Dinas Perkebunan Provinsi selalu mempertanyakan perkembangan perkebunan kakao tersebut, dan terus melakukan kucuran anggaran khusus pengembangan gerakan nasional penanaman kakao. Untuk lebih jelasnya silahkan pertanyakan hal ini ke pejabat sebelumnya,” singkatnya, Minggu (12/7/2020).

Terpisah, LP3K Bolmut Muksin Umar meminta aparat penegak hukum untuk menelusuri hal ini. “Jika benar keberadaan perkebunan kakao ini fiktif, maka kami meminta aparat penegak hukum segera mengambil tindakan agar persoalan dugaan  penyalahgunaan program nasional kebun kakao di desa Inomunga ini segera terungkap, seperti apa modus operandinya.

Sementara itu, dari data yang diperoleh awak media, diduga adanya lahan fiktif. Luas lahan yang dikelola menurut juknis seluas kurang lebih 5 hektar, sedangkan temuan dilapangan lahan tersebut diduga tidak sesuai dengan juknis. Adapun lahan tersebut berada di kawasan hutan lindung.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here