Kembangkan Pertanian dan Pariwisata !! Bupati Bolmut Sambangi Destinasi Wisata Hutan Kota Palu

0
257

Bolmut, Sulut – Demi pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan pariwisata di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), rombongan Pemkab Bolmut yang dipimpin langsung Drs. Hi. Depri Pontoh bersama DPRD Bolmut melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kota Palu.

Kedatangan Pemkab dan DPRD Bolmut diterima langsung Sekretaris Daerah kota Palu, H. Asri, SH dan sorenya dijamu Wali Kota Palu, Drs. Hidayat, M.Si di Aweng Coffee Hutan Kota Kaombona Palu, Jumat (17/7/2020).

Wali Kota Hidayat saat menjamu rombongan eksekutif dan legislatif Bolmut memohonan maaf tidak sempat menerima langsung saat tiba.

“Maaf sebelumnya, tadi pagi saya tidak bisa menerima langsung dikarenakan harus menghadiri rapat koordinasi bersama Mendagri, Tito Karnavian melalui Vicon di kantor Gubernur Sulawesi Tengah,” singkatnya.

Sebagaimana diketahui, Hutan Kota Kaombona Palu memang menjadi salah satu destinasi yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah kota Palu, apalagi belum lama ini bencana Gempa, Tsunami, dan Likuefaksi melanda Ibukota provinsi Sulawesi Tengah dan beberapa kabupaten lainnya.

Selain kafe, di hutan kota juga dibangun berbagai sarana olahraga seperti lapangan futsal, volly, basket, arena skateboard, atrium terbuka, hingga pusat penjualan durian di kota Palu.

Sementara itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh mengapresiasi salah satu hasil pertanian dari Kota Palu yang sudah dikenal secara nasional yakni durian montong yang menjadi khas Kota Palu.

“Ini menjadi motivasi Pemkab Bolmut untuk mengembangkan produksi pertanian bahkan pariwisata. Nantinya, destinasi wisata kita akan disupport. Nah, dampak tersebut nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat dalam hal peningkatan pendapatan (ekonomi) masyarakat,” tukas Bupati.

Terpisah, aktivis LP3K Bolmut Ericson Tegela saat bersua dengan media ini menjelaskan kunker Pemkab dan DPRD Bolmut ke beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat merupakan bentuk keseriusan dalam memajukan daerah.

“Oleh karena itu, dukungan masyarakat sangat diperlukan toch impacknya juga untuk masyarakat serta daerah agar maju dan berkembang. Ingat daerah kita sudah 13 tahun mekar sebagai daerah otonom, maka perlu ada inovasi yang mampu menghasilkan Gol (prestasi),” ujarnya.

Ericson juga menilai, bahwa APBD Bolmut masih stagnan. Ini disebabkan, lanjut dia, karena hanya terfokus pada belanja pegawai dan selebihnya untuk anggaran habis pakai.

“Untuk mengoptimalisasi keberpihakan APBD terhadap perkembangan daerah dan masyarakat maka perlu melakukan perencanaan yang matang,” ucapnya.

Olehnya, Ericson berharap pada pembahasan anggaran di tingkat eksekutif dan legislatif baik APBD dan APBD-P tahun 2020 dan 2021 perlu ada kesepahaman tentang kemajuan daerah.

“Kunker ini bertujuan untuk mengembangkan produktiitas masyarakat dan daerah. Intinya perlu mendukung langkah konstruktif pemkab dan DPRD Bolmut, nanti kita lihat seperti apa progresnya. Kami masyarakat agar rombongan Pemkab dan DPRD tetap waspada pada penularan COVID-19,” pungkasnya.

Diberitakan juga, pertemuan yang berlangsung hangat ini juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palu, Irmawaty Hidayat bersama pengurus dan beberapa Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here