Pasien COVID-19 Dinyatakan Sembuh, Bolmut Menuju Zona Hijau

0
330

Bolmut, Sulut – Pasien COVID-19 bernomor 04 berinisial IS, 41 tahun, jenis kelamin laki-laki, alamat Desa Vo’a Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dinyatakan sembuh.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Bolmut dr. Jusnan C. Mokoginta MARS, melalui press release Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bolmut, tentang data terakhir perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Bolmut Jumat, (17/7/2020).

Disampaikan Jusnan, pasien O4 memiliki riwayat perjalanan dari fasilitas kesehatan yang berada di daerah zona merah.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan Laboratorium Eijkmen dan Pemberitahuan dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, yang dirilis resmi pada tanggal 10 Juli 2020, bahwa hasil swab yang bersangkutan terkonfirmasi positif COVID-19 dengan spesifikasi swab pertama Positif dan swab kedua dinyatakan Negatif,” jelasnya.

Menurut Jusnan, berdasarkan pedoman COVID-19 revisi ke-5 bahwa kasus Probable atau kasus konfirmasi dengan gejala simptomatik yang mendapatkan hasil pemeriksaan follow up RT-PCR 1 kali Negatif, dengan ditambah minimal 3 (tiga) hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernafasan.

“Pasien tersebut masuk dalam klasifikasi selesai isolasi kemudian sembuh, dengan demikian melalui Siaran Pers resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulut bahwa pasien positif covid-19 04 Kabupaten Bolmut ini dinyatakan selesai Isolasi dan sembuh,”jelas Kepala Dinkes Bolmut.

Jusnan menambahkan, dengan sembuhnya Pasien 04 ini, Kabupaten Bolmut kembali mencapai zona hijau (nol kasus).

“Kita sudah berhasil menurunkan angka epidemiologis, untuk itu kami meminta masyarakat tetap menerapkan protokol COVID-19 di era new normal ini agar zona hijau yang telah kita upayakan sekuat tenaga bersama seluruh stakeholder yang ada, dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Kemudian rekan-rekan OPD Bolmut yang melakukan tugas luar daerah agar tetap waspada dan menjaga imunitas tubuh agar tidak rentan tertular COVID-19,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here