Perkembangan Kasus Dugaan Plesetkan Sila Pancasila, Ini Kata LSM KIBAR

0
435
Panglima KIBAR Wilayah Indonesia Timur, Brill M. Turang (kiri)

Bitung, Sulut – LSM Komunitas Independen Bersama Azaz Rakyat (KIBAR) menyatakan akan terus memantau perkembangan kasus SQM (39) alias Steven warga Kelurahan Girian Weru Dua Kecamatan Girian yang harus berhadapan dengan hukum karena diduga memplesetkan tiga sila Pancasila dan mengupload di media sosial, facebook.

Kepada media ini, Selasa (21/7/2020), Panglima KIBAR Wilayah Indonesia Timur, Brill M. Turang meminta agar Polres Bitung segera menetapkan status SQM.

“Kami meminta pihak yang berwajib untuk segera memutuskan ditetapkan sebagai tersangka atau tidaknya terlapor terkait persoalan dugaan pelesetan terhadap Pancasila, karena terlihat sampai sekarang terlapor belum mendapatkan keputusan yang jelas apakah bersalah atau tidak,” ucap Brill via Whatsapp.

Menurutnya, perbuatan Steven sudah meresahkan masyarakat, untuk itu kata Brill, demi menjaga situasi tetap kondusif harus ada kejelasan status tersebut.

“Intinya, kami akan terus mengawal jalannya proses hukum, mengingat persolanan ini berskala Nasional karena diduga sudah menodai Dasar Negara,” tukasnya.

Terpisah, Kasat Reskrim AKP Taufiq Arifin S Hut, SIK saat dikonfirmasi terkait perkembangan penanganan kasus tersebut mengatakan, bahwa kasus ini sementara berjalan.

“Kami sudah memeriksa pelapor, terlapor dan beberapa saksi. Untuk tindaklanjut kedepan, kami masih akan meminta keterangan dari saksi Ahli Bahasa, Ahli Pidana dan Ahli IT,” singkat pria yang dikenal humanis.

Seperti diketahui, Steven memposting lima sila Pancasila yang sudah diplesetkan, yakni pada sila ke tiga, ke empat dan ke lima di salah satu grup facebook.

Postingan itu dilakukan dengan menuliskan;

PANCASILA :
1: KETUHANAN YG MAHA ESA
2: KEMANUSIAN YG ADIL DAN BERADAB
3: pada kenyataan nya di bitung banyak yg tidak beradab
4: banyak bahujat dan momake dll
5: ..(…….)”

Steven sendiri ditangkap sesuai laporan Polisi Nomor 523/VII/2020/Sulut/Res-Bitung tanggal 18 Juli 2020.(rpm/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here