Senilai Rp9,8 Miliar Gaji 13 ASN Bolmut Dicairkan Bulan Depan

0
291

Bolmut, Sulut – Kabar gembira bagi ASN di kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), pasalnya gaji 13 akan dicairkan pada bulan Agustus mendatang.

“Sesuai dengan hasil konfrensi pers oleh Menteri Keuangan, Gaji ke-13 akan dibayarakan pada bulan Agustus mendatang,” ucap Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut Sirajudin Lasena, SE, M.Ec, Dev, kepada sejumlah awak media, Selasa (21/7/2020) usai mengikuti konfrensi pers secara virtual dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Disampaikan Lasena, pembayaran gaji ke-13 tersebut menurut Menteri Keuangan sudah melalui kajian dengan mempertimbangkan terjadinya ancaman pandemi COVID-19 yang menyebabkan kegiatan perekonomian tertekan, baik dari sisi permintaan, konsumsi masyarakat dan investasi pendapatan masyarakat

“Pemerintah melihat gaji ke-13, bisa menjadi bagian dari stimulus ekonomi atau untuk mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat, terutama dikaitkan dengan dimulainya tahun ajaran baru. Sehingga itu pembayaran gaji ke-13 dilaksanakan sebagai bagian dari stimulus perekonomian,”ungkap Lasena.

Menurut Lasena, pembayaran gaji ke-13 tidak diberikan untuk pejabat negara eselon I, II dan setingkat mereka.

“Untuk kebijakan gaji ke-13 ini, Pemerintah melaksanakan dengan memperhatikan kebijakan THR (Tunjangan Hari Raya) yang sudah dilakukan pada bulan Mei lalu, yaitu tidak diberikan kepada pejabat negara, pejabat eselon 1, pejabat eselon 2, dan pejabat setingkat mereka,”jelas Lasena.

Ditambahkan Lasena, adapun anggaran yang sudah disiapkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bolmut, untuk pelaksanaan pembayaran gaji ke-13 ini adalah sebesar Rp 9,8 Miliar.

“Sebelum gaji ke-13 ini dibayarkan, masih menunggu revisi dua aturan oleh pemerintah pusat, yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang pemberian gaji, pensiun, atau tunjangan ke-13 untuk PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan penerima pensiun atau tunjangan dan revisi PP Nomor 38 Tahun 2019 tentang pemberian penghasilan ke-13 kepada pimpinan dan pegawai non-PNS pada lembaga non-struktural,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here