Studi Analisa Usaha dan Prospek Budidaya Tambak Udang Vaname, Pemkab Bolmut Siap Gandeng Investor

0
284

Bolmut, Sulut – Upaya Pemkab Bolmut pasca kunjungan kerja ke kabupaten Pasangkayu, serangkaian agenda study tiru Budidaya tambak udang Vaname melahirkan konsep inovasi pemkab dan DPRD Bolmut guna pengembangan Usaha udang Vaname dikabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Sekretaris Daerah Bolmut DR. Drs. Hi. Asripan Nani Msi saat bersua dengan media ini, mengatakan studi tentang pengembangan usaha tambak udang vaname di kabupaten Pasangkayu provinsi Sulawesi Barat, pemkab dan DPRD Bolmut turun langsung ke lokasi tambak udang Vaname kabupaten Pasangkayu.

“Sudah kami lakukan sebagai bagian dari skema perencanaan usaha tambak udang Vaname Insya Allah dalam waktu dekat akan dilakukan langkah langkah untuk mempersiapkan lokasi atau area pengembangan tambak udang Vaname selanjutnya akan segera dikomunikasikan dengan pihak investor untuk investasi di Bolmut kedepan,” ucapnya, Rabu (22/7/2020).

Asripan pun menjelaskan, bahwa Pemkab dan DPRD akan menyeriusi rencana kerja dan anggaran pengembangan usaha tambak udang Vaname. “Agar kedepan bisa terserap tenaga kerja guna meningkatkan pendapatan asli daerah dan pendapatan masyarakat pada umumnya,” tukas Sekda.

Terpisah, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra yang juga turut serta dalam kunjungan kerja Study Tiru Pengembangan usaha tambak udang Vaname di Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulbar menjelaskan dirinya sangat terpukau dengan model usaha tambak udang Vaname di Pasangkayu tersebut.

Pasalnya aktifitas usaha tambak udang Vaname ini sangat dirasakan manfaatnya dari sisi pendapatan ekonomi masyarakat. “Bayangkan dalam hitungan bulan produksi udang vaname mencapai ratusan ton dengan penghasilan miliaran rupiah dengan retribusi PAD ratusan juta dalam sekali panen,” ujarnya.

Frangky juga menambahkan, multi player efek dari usaha Tambak udang Vaname ini sangat berdampak bagi aktifitas dan rutinitas warga.

“Kedepan investor serta BUMD jika sudah terbentuk maka akan sangat lebih baik dari sisi manajemen pengelolaanya. Olehnya, kami DPRD Bolmut akan sangat mendukung dan mendorong rencana pengembangan usaha tambak udang Vaname di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here