Upacara HBA ke-60 tahun 2020 Kejaksaan Negeri Bolmut Digelar Secara Virtual

0
307

Bolmut, Sulut – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengikuti upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-60 Tahun 2020, Secara virtual di Kantor Kejari Bolmut, Rabu (22/7/2020).

Inspektur upacara puncak peringatan HBA ke-60 Tahun, dengan mengusung tema Terus Bergerak dan Berkarya dipimpin langsung Jaksa Agung RI ST. Baharudin, dan diikuti Kepala Kajari Bolmut Moch. Riza Wisnu Wardana SH M.Hum, jajaran Kejati dan Kejari se Indonesia.

Kejaksaan Agung RI, dalam amanatnya, mengatakan HBA tahun ini dilaksanakan dalam suasana berbeda dan sederhana. Harus berinovasi dan memulai tatanan baru.

“Wujudkan terus nilai nilai keadilan hingga kehadiran kejaksaan bisa dirasakan oleh masyarakat. Protokal kesehatan adalah hal paling mendasar dimasa pandemi,” kata Jaksa Agung RI.

Disampaikan Jaksa Agung RI, selaku penegak hukum peran kejaksaan harus ikut dalam pemulihan ekonomi nasional, yang menjadi tantangan, dlakukan dengan cara yang benar sesuai perundangan, dan harus mampu menjaga keterpaduan dilintas sektoral.

“Tugas besar kejaksaan dalam pilkada di masa pandemi Covid-19. Tahun ini ada sebanyak 261 Kabupaten Kota dari 9 propinsi akan melaksanakan pilkada serentak 2020, untuk itu dimintakan aktif mengawal pilkada serentak guna mengatasi persoalan yang timbul dan harus netral,” tegasnya.

Jaksa Agung RI juga meminta untuk bersikap netral dan tidak mendukung pada salah satu calon, untuk tidak terlibat dan tidak membuat keputusan yang merugikan calon kepala daerah. menjaga integritas, tingkatkan kewaspadaan terutama di internal Kejaksaan yang profesional dan berintegritas, mampu meningkatkan kompetensi diri untuk memperkaya sudut pandang, inovatif dan ide-ide cemerlang dalam teknologi,” ucap Jaksa Agung RI.

Sementara, Kajari Bolmut Moch. Riza Wisnu Wardana SH M.Hum mengatakan, upacara HBA ke-60 dilaksnakan secara virtual akibat Pandemi COVID-19.

“Upacara peringatan HBA ke-60 tahun ini dilaksanakan secara virtual dengan Inspektur Upacara Bapak Jaksa Agung RI yang diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia, kita tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelas Kajari Bolmut, usai pelaksanaan upacara.

Disampaikannya juga Kajari Bolmut, siap menjalankan beberapa butir penekanan yang diamanatkan oleh Kepala Kejaksaan Agung RI kepada jajarannya dalam menjalankan tugas, fungsi dan wewenang pada upacara HBA ke-60 Tahun.

Menurut Kajari Bolmut, bahwa pihaknya juga akan menjaga bahkan meningkatkan serta menjalankan apa yang telah diamanatkan Kejagung antara lainnya agar terus berkarya serta menjaga jiwa Korps Adhyaksa yang solid dan militan sesuai tema HBA 2020.

Kemudian memberikan kepastian hukum dan kemanfaatan bagi masyarakat, bangsa, dan negara, meningkatkan pelayanan publik, beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam tugas keseharian.

“Bahkan kita siap dan turut mendorong kebijakan pemerintah dalam penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional sesuai ketentuan berlaku serta berperan aktif dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020 yang berkualitas,” tegas Kajari.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here