Aliansi Adat MOPOHABARU Warisan Leluhur jelang Pelaksanaan Idul Adha 1441 H

0
621

Bolmut, Sulut – Prosesi adat Mopohabaru merupakan warisan budaya dari Kerajaan Kaidipang Besar yang wilayahnya meliputi wilayah Bolmut kerajaan Kaidipang besar dan Bintauna.

Aliansi Adat kabupaten Bolmut mengabarkan beberapa hal seperti waktu, tempat dan petugas pelaksana hari raya idul Adha dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 H Bupati Bolmut (Ki Doni Pangulu) Drs. Hi. Depri Pontoh menerima Prosesi Adat Mopohabaru/Mopotau yang bertempat di kediamannya Desa Bolangitang I Kecamatan Bolangitang Barat.

Dalam prosesi tersebut Lembaga Aliansi Adat Kabupaten Bolmut menyampaikan beberapa hal yang telah disepakati bersama, diantaranya Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1441 H jatuh pada hari Jumat Tanggal 31 Juli 2020.

Lebih lanjut, disampaikan Shalat Idul Adha tingkat Kabupaten Bolmut dilaksanakan pada Pukul 07.00 Wita di Lapangan Kembar Boroko bersama 7 (tujuh) desa di sekitar Ibu Kota Kabupaten yaitu Desa Boroko, Boroko Timur, Boroko Utara, Bigo, Bigo Selatan, Kuala dan Kuala Utara. Dengan ketentuan apabila cuaca tidak memungkinkan lokasi dipidahkan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko.

Adapun pelaksana atau petugas Shalat Idul Adha diantaranya, bertindak sebagai Imam yakni Sahrin Harundja dengan cadangan Basir Bindjanati, S.Pd.I, sebagai Khotib yakni Ketua MUI Bolmut Hi. Isra kohongia, S.Pd.I, Iswan Sya’ban, S.Pd.I dan Bilal Rahmad Gumohung, Ismail Paputungan. Kegiatan Takbiran tetap akan dilaksanakan di Masjid Agung Baiturrahman Boroko.

Untuk Kecamatan dan Desa lainnya, kegiatan Takbiran dan Shalat Idul Adha tetap dilaksanakan di Masjid masing-masing desa.

Bupati Bolmut dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Lembaga Adat yang telah menyampaikan kabar serta pelaksana perayaan Idul Adha 1441 H.

“Hal-hal yang disampaikan mengenai perayaan Idul Adha 1441 H merupakan kesepakaatan bersama yang melibatkan seluruh unsur terkait serta berpedoman pada Surat Edaran Menteri Agama Ri Nomor SE. 18 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelian Hewan Kurban Tahun 1441 H/2020 M menuju masyarakat Produktif dan Aman COVID-19,” ucapnya.

Depri menambahkan, bahwa Kabupaten Bolmut kembali menjadi zona hijau, dimana sebelumnya terdapat 4 (empat) kasus positif COVID-19 telah berhasil ditangani dan sembuh.

“Kondisi ini patut dipertahankan dengan terus menaati protokol kesehatan pencegahan Covid 19 dalam beraktifitas, terutama pada rangkaian kegiatan perayaan Idul Adha,” pungkas Bupati.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, Ketua TP-PKK Bolmut Dra. Hj. A. Pontoh Talibo, Wakil Ketua I TP-PKK Dra. Hj. Siti Safwania Lasena Djenaan, Kapolres Bolmut AKBP. Eko Kurniawan S.IK, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut Moch. Riza Wisnu Wardhana, SH. M.Hum, Kepala Pengadilan Agama Boroko, Sekda Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Ketua DWP Hj. Fitriana Nani Buhang, SE, para pejabat di lingkungan Pemkab Bolmut dan tokoh adat.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here