Peduli Bencana Bolsel dan Dumoga, YNCI Sulut Salurkan Bantuan

0
265

Bolsel – Yamaha Nmax Club Indonesia(YNCI) Rescue Regional Sulawesi Utara (SULUT) menyerahkan bantuan ke lokasi terdampak banjir bandang, dan tanah longsor, yang melanda di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kecamatan Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow, Sabtu (8/8/2020).

Dengan, berkumpul di Posko Rescue Kotamobagu Chapter, sebanyak 40an Motor NMAX , 1 Mobil pick up dan mobil box, sama-sama dilepas oleh Satlantas Polres Bolmong, yang diwakilkan oleh Bripka Revol Mamuaya, yang juga merupakan Tatib YNCI Kotamobagu Chapter.

Kepada media ini, Minggu (9/8/2020), Ketua YNCI Regional Sulut, Angga Sinaga menerangkan bantuan tersebut berupa beras, gula pasir, mie instan, telur, susu, popok bayi, minyak goreng dan baju layak pakai.

“Hati kami tergerak ketika mendengar kabar, bahwa saudara kita yang ada di Bolsel dan Dumoga mengalami musibah banjir bandang dan tanah longsor,” tutur pria berdarah batak yang bertugas di Satreskrim Polres Bitung.

Diketahui, bencana banjir bandang dan tanah longsor yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi, yang mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Bolsel dan Dumoga, sehingga menyebabkan beberapa sungai besar meluap, hingga air masuk ke permukiman warga.

Dari data yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya, sebanyak 22.655 jiwa terdampak banjir bandang di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Data BPBD BOLSEL), dan 905 jiwa di Kecamatan Dumoga Raya (Data BPBD Bolmong).

Sementara itu, Kepala Divisi Rescue YNCI Regional Sulut, Sarifudin Mokoginta menjelaskan, dari informasi yang dia tau, untuk Kabupaten Bolsel, beberapa sungai yang meluap tersebut meliputi Sungai Bolangaso, Sungai Toluaya, Sungai Salongo, Sungai Nunuka, Sungai Mongolidia, Sungai Milangodaa dan beberapa sungai lainnya. Sementara untuk Wilayah Dumoga luapan air dari Sungai Matubing di Toruakat , Sungai Pusian, Bendungan Kasinggolan dan Torout.

“Tim Rescue Sulut, setelah mendapat berita musibah ini, langsung membuka rekening donasi bantuan, serta membuka posko Rescue di masing masing chapter yang ada di Sulut dan beberapa diluar Sulut,” ucapnya.

Divisi Rescue YNCI Regional Sulut, lanjut Sarifudin, punya koordinasi yang luas, dan terkoneksi keseluruh wilayah Indonesia, sehingga dimanapun ada daerah yang terdampak bencana bisa secara cepat direspon.

“Sebelumnya kami telah memberikan bantuan ke daerah yang terdampak banjir, yakni di Masamba, Kabupaten Luwu Utara,” tukasnya.

“Tak lupa pula saya sampaikan, banyak terima kasih untuk Chapter Regional Sulut yakni Ynci Manado, Ynci Minahasa, Ynci Bitung, Ynci Minut, Ynci Tomohon, Ynci Kotamobagu, Ynci Mitra, Ynci Minsel, Ynci Bolmut, Ynci Ambon dan Ynci Pare-Pare serta sumbangsih dari masyarakat yang sudah berpartisipasi, baik berupa sumbangan dan pemikiran, serta perwakilan dari Regional Sutanbatara yang teleh berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan ini. Adapun yang belum sempat memberikan bantuan, semoga Allah SWT, memberikan pintu rezeki untuk bisa membantu kesesama makhluk ciptaanya dikemudian hari,” tambah Sarifudin.

Terpisah, Om Denny Suid yang juga Ketua YNCI Kotamobagu Chapter menceritakan, bahwa saat kejadian banjir yang melanda Dumoga Raya, dirinya bersama rekan-rekan langsung respek turun ke lokasi bencana.

“Pagi itu saya mendapat kabar dari Om Tigor, bahwa desa Dumoga raya banjir sehingga menyebabkan puluhan rumah terendam banjir dan akses jalan penghubung putus. Kami pun berangkat kesana dengan harus melewati jalan yang berlumpur, tergenang air. Dengan susah paya kami harus melewati jalan saluran, yang hanya bisa dilalui oleh kendaraan tertentu, untuk menuju akses lokasi banjir,” jelasnya.

Ketua YNCI Bolaang Mongondouw Selatan Chapter, Om Halilintar Kadullah mengucapkan terima kasih atas kepedulian terhadap sesama.

“Taklupa pula, mewakili warga yang terdampak banjir, mereka sangat berterima kasih terhadap respon dari YNCI Rescue Regional Sulut, yang dengan susah payah datang membawa bantuan meski harus diguyur hujan dan melewati rembesan air bekas tanah longsor,” singkatnya.(fangki/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here