Siap Dicairkan, Gaji 13 Tunggu Peraturan Bupati

0
253
Kepala BPKD Bolmut, Sirajudin Lasena, SE.M.Ec.Dev

Bolmut, Sulut – Gaji 13 yang diperuntukkan bagi PNS, TNI-Polri, dan pensiunan biasanya dicairkan pada Juli. Namun tahun ini molor dari jadwal yang telah ditentukan. Hal ini lantaran pemerintah tengah fokus dalam pandemi virus corona (COVID-19).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bolmut Sirajudin Lasena, SE.M.Ec.Dev. saat bersua dengan awak media mengatakan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 maka pencairan gaji ke-13 dijadwalkan dapat bayarkan sambil menunggu peraturan Bupati (Perbub).

“Dalam Pasal 2 pada peraturan pemerintah disebutkan bahwa gaji ke-13 ini diberikan kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, ketua, wakil ketua, dan hakim pada semua badan peradilan, staf khusus di lingkungan kementerian, dan hakim ad hoc,” jelasnya, Senin (10/8/2020).

Selain itu, kata dia, pimpinan lembaga nonstruktural (LNS), pimpinan lembaga penyiaran publik (LPP), pimpinan badan layanan umum (BLU), pegawai non-PNS pada LNS, LPP, BLU, Pegawai lainnya yang diangkat oleh pejabat yang memiliki kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, penerima pensiunan atau tunjangan, dan Calon PNS.

“Untuk selanjutnya kami masih menunggu Perbub dan oleh bagian hukum akan diproses dan diajukan ke pimpinan,” tukas Lasena.

Terpisah, Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Abd. Muis Suratinoyo, SH saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa alam Pasal 17 ayat 2 dimana yang anggarannya bersumber dari APBD diatur dengan peraturan Bupati.

“Maka tadi pagi dari badan keuangan telah mengajukan rancangan peraturan Bupati berkaitan dengan pembayaran Gaji 13 ke bagian hukum untuk diteliti apa sudah sesuai dengan amanat PP 44 tahun 2020 dan sesuai dengan teknis dan penyusunan produk hukum daerah. Insya Allah besok, akan diajukan ke pimpinan untuk ditandatangani,” singkatnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here