DPRD Warning Pemkab Bolmut Percepat Penyerapan Anggaran dan Hindari Penumpukan Silpa

0
559

Bolmut, Sulut – Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2020 akan dibahas dalam waktu dekat ini dikarenakan, masa tenggat pengesahan pada akhir September mendatang. Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra saat bersua dengan awak media di ruang kerjanya, Selasa (25/8/2020).

Frangky Chendra menjelaskan setelah menerima pertanggungjawaban Bupati atas realisasi APBD pada semester pertama dan prognosis penggunaan berikutnya, maka akan dilanjutkan pembahasan APBD-P bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah.

“Pintu gerbangnya ada di LPJ bupati, yang telah dibacakan Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh dihadapan sidang Paripurna DPRD. Selanjutnya, masing-masing komisi akan mempelajari isi laporan tersebut guna memberikan masukan melalui rapat paripurna selanjutnya,” ucapnya.

Dirinya pun menuturkan pihaknya akan menjadwalkan pekan depan. “Yang menjadi catatan penting dalam pembahasan APBD Perubahan yakni melihat prognosis sehingga bisa melihat tingkat serapan dari anggaran. Ketika serapan anggaran rendah, legislatif bisa mendorong untuk menyerap APBD. Kalau itu tidak dilakukan banyak silpa nantinya. Seharusnya jangan sampai ada silpa, jadi tetap dilakukan serapan semaksimal mungkin. Ini masih perlu didorong,” tukas politisi PDIP ini.

“Dari laporan yang telah dipaparkan Pemkab Bolmut, data tersebut akan menjadi acuan legislator guna memberi masukan untuk mengoptimalisasi daya serap anggaran yang efektif dan efisien,” pungkas Frangky Chendra.

Terpisah, Punggawa LP3K Bolmut, Abd. Kadir Hangkiho kepada media ini beeharap alokasi APBD-P dapat memperhatikan nasib rakyat dampak COVID-19 ini.

“Tentunya harus menanggung kondisi perekonomian yang tidak stabil bahkan bantuan sosial masyarakat atau BLT hanya dapat membackup kebutuhan 2 sampai 3 hari. Kami berharap agar Kebijakan anggaran pada APBD-P kali ini lebih mementingkan kebutuhan masyarakat mendorong UMKM yang sehat,” ujarnya.

Selain itu, Kadir juga menyarankan agar Banggar DPRD dan TAPD Pemkab Bolmut dapat memprioritaskan anggaran pemulihan ekonomi sehingga dapat meransang pendapatan masyarakat.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here