FP4-BMU Desak DPRD Rekomendasikan Peninjauan Kembali Penerapan Empat Perda

0
164

Bolmut, Sulut – Dalam undang-undang nomor 11 tahun 2011 Pasal 96 tentang partisipasi masyarakat baik lisan maupun tertulis, ruang dengar pendapat dalam memberikan saran pendapat terkait pengesahan peraturan perundang-undangan lebih khusus Peraturan daerah maupun peraturan lainnya, terkait tentang Perda retribusi tempat wisata, PDAM, persampahan dan BMUD. Hal ini terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), Selasa (1/9/2020) di Kantor DPRD Bolmut.

Ketua Forum Presidium Pemekaran dan Pengawal Pembangunan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (FP4-BMU), Moh. Irianto Christofel Buhang, S.Sos mengatakan bahwa maksud dan tujuan pihaknya melakukan RDP dengan DPRD serta pihak eksekutif sebagai bentuk kepedulian dalam mengawal dan membangun daerah.

“Kami hadir disini untuk memberikan masukan yang konstruktif agar penerapan Perda dan Perbup ini akan berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh masyarakat Bolmut maupun seluruh kalangan di luar Bolmut,” ucapnya.

Irianto juga menuturkan, penerapan Perda maupun Perbup masih banyak kekurangan. “Ini yang harus dikhawatirkan kedepan, akan terjadi konflik of interest. Makanya harus matang dan dijamin agar tidak ada persoalan hukum yang dapat mengganggu penerapan peraturan dimaksud. Intinya tinjau kembali Perda dan Perbup sebelum diundangkan,” pungkasnya.

Ketua DPRD Bolmut, Frangky Chendra

Sementara itu, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chendra saat dikonfirmasi usai pelaksanaan RDP mengapresiasi forum RDP dengan pihak Presidium.

“Banyak masukan-masukan saran pendapat yang konstruktif terkait penerapan 4 (empat) Perda dan Perbup. Ini saya analogikan jika pengunjung datang di tempat wisata kemudian fasilitasnya tidak memadai maka dipastikan para pengunjung tidak akan kedua kali datang berkunjung,” ujarnya.

Frangky menghimbau agar kedepan dirinya sepakat keberpihakan anggaran untuk memperbaiki fasilitas atau wahana wisata di kabupaten Bolmut.

“Setelah RDP ini pihak kami DPRD akan membuat rekomendasi ke Pemda agar dapat mempertimbangkan masukan dari masyarakat lewat FP4-BMU. Intinya, kedepan kami akan duduk bersama membahas lebih lanjut catatan yang sudah kami buat kesimpulan (rekomendasi) di forum RDP ini,” pungkasnya.(syam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here