Pemdes Dengi Salurkan BLT-DD Tahap II

0
511

Bolmut, Sulut – Pemerintah Desa (Pemdes) Dengi Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap II yang diperuntukkan bulan Juli 2020, kepada masyarakat penerima manfaat di masa pandemi COVID-19.

Penyaluran BLT-DD Tahap II yang digelar di Kantor Desa Dengi, Senin (14/9/2020) dipimpin langsung Kepala Desa Dengi Rahman Dai yang disaksikan Kepala Seksi (Kasie) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Pinongaluman Nurmala Timumu, S.Pd yang mewakili Camat Pinogaluman, Sekretaris Desa (Sekdes) Dengi Yulian Mayongo, S.Kom, Pendamping Lokal Desa dan masyarakat Desa Dengi penerima manfaat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Dengi Rahman Dai, menyampaikan penyaluran BLT DD Tahap II, sudah sesuai dengan peraturan menteri keuangan (PMK) nomor 50 tahun 2020 Dana Desa.

“Dimana untuk BLT-DD yang sebelumnya hanya 3 bulan yak ini bulan April, Mei dan Juni dengan total Rp600 ribu, kini ditambah 3 (tiga) bulan berikutnya yaitu Juli Agustus dan September dengan total penerimaan Rp300 ribu untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ujarnya.

Rahman menuturkan, bahwa pada tanggal 17 Juni 2020, pihaknya telah menyalurkan BLT-DD sejumlah Rp 600 ribu kepada 57 KK, dan Jadi total anggaran yang sudah diserahkan pada bulan April, Mei dan Juni sebanyak Rp. 102.600.000.

“Itu jumlah total keseluruhan anggaran BLT-DD tahap I yang sudah diserahkan kepada masyarakat penerima manfaat pada tiga bulan yang lalu,” ungkapnya.

Dan hari ini, kata Rahman, BLT DD Tahap II dilanjutkan mulai dari bulan Juli sampai dengan bulan septmber dengan jumlah Rp. 300 ribu perbulan untuk setiap KPM dan total anggaran selama tiga bulan Rp 51.300.000.

“Untuk hari ini Pemdes Dengi, meyalurkan BLT-DD untuk bulan juli sebanyak 57 KK penerima manfaat, dengan total anggaran Rp.17.100.000,” ujarnya.

Rahman pun berharap dapat meringankan beban masyarakat dimasa pandemi COVID-19. “Kami menghimbau agar dana bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan sebaikmungkin untuk menyambung kebutuhan hidup dan dibelanjakan untuk bahan-bahan kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan Kasie PMD Kecamatan Pinongaluman Nurmala Timumu, S.Pd yang mewakili Camat Pinogaluman, mengatakan dengan bantuan ini hendak nya masyarakat juga memberikan perhatian positif dengan mengikuti anjuran pemerintah melalui protokol kesehatan.

“Sesuai dengan aturan Pemerintah tentang pemberlakuan wajib bermasker maka, diharap masyarakat mematuhinya dengan memakai masker yang dilanjutkan dengan selalu mencuci tangan, hindari kerumunan dan lakukan Physical distancing,” singkatnya.

Sekedar diketahui, kegiatan penyaluran BLT-DD tahap dua di bulan Juli tersebut tetap mengedepankan imbauan pemerintah terkait social distancing dan pshycal distancing.(syam/ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here