Rayakan HUT Bersama MJL, Ketua PPK Aertembaga Diduga Langgar Kode Etik Penyelenggara Pilkada

0
146

BITUNG – Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Aertembaga berinisial NL alias Novi harus berurusan dengan pihak Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Aertembaga karena diduga kuat telah menyalahi kode etik sebagai penyelenggara Pilkada tahun 2020.

Informasi diperoleh, Novi kedapatan merayakan hari ulang tahun (HUT) nya bersama calon Wali Kota Bitung Max J. Lomban (MJL).

Foto Novi yang terlihat menyalakan lilin kue ulang tahun dengan angka 49 yang dipegang MJL itu menjadi bukti kuat jika dirinya tak bisa menjaga netralitasnya sebagai penyelenggara.

Koordinator Divisi (Kordiv) hukum Penanganan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa (HP3S) Panwascam Aertembaga, Sanny Kakauhe saat dikonfirmasi membenarkan adanya temuan dugaan pelanggaran Pilkada yang meyeret Ketua PPK Aertembaga tersebut.

“Iya benar, Ketua PPK Aertembaga. Temuan dugaan pelanggaran ini sudah kita proses. Dari hasil akhir pleno yang memenuhi unsur pelanggaran,” tegas Sanny, Senin (23/11/2020).

Menurut Sanny, pihaknya telah menyerahkan hasil pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan Ketua PPK Aertembaga ke Bawaslu Bitung.

“Untuk berkas hasil pemeriksaannya sudah kita serahkan ke Bawaslu Bitung. Nanti pihak Bawaslu yang akan menindaklanjuti ke KPU Kota Bitung. Karena yang bersangkutan adalah bagian dari badan adhoc,” ungkapnya.

Sanny juga menambahkan dari hasil pemeriksaan, pihaknya menemukan jika Ketua PPK terindikasi melakukan pelanggaran kode etik. “Yang bersangkutan melakukan pelanggaran kode etik Sebagaimana diatur dalam PP Nomor 2 Tahun 2017,” pungkasnya.(ryp/old)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here