Terbukti Langgar Kode Etik Penyelenggara, Ketua PPK Aertembaga Akhirnya “Dipecat”

0
134
Ketua KPU Bitung, Deslie D. Sumampouw

BITUNG – Setelah beberapa pekan publik menununggu nasib dari Ketua PPK Aertembaga, NL alias Novi terhadap Kasus pelanggaran kode etik yang dilakukan akhirnya terjawab.

Informasi yang diperoleh, setelah mengikuti dua kali sidang. Novi akhirnya dilengserkan dari tugas dan jabatannya sebagai penyelenggara. Hal ini dibuktikan dengan hasil putusan pleno yang digelar Komisioner KPU Bitung, Jumat (4/12/2020) malam.

Ketua KPU Kota Bitung, Deslie Sumampouw saat dikonfirmasi membenarkan jika pihaknya telah memberhentikan Novi dari tugas dan jabatan sebagai Ketua PPK Aertembaga. “Berdasarkan hasil pleno yang bersangkutan diberhentikan,” kata Deslie, Sabtu (5/12/2020).

Deslie menjelaskan sebelum diputuskan dalam rapat pleno. Novi kata dia, memang sudah terlebih dulu dinonaktifkan sebagai badan adhoc.

“Pertama dinonaktifkan baru hasil pleno diberhentikan. Intinya KPU sangat tegas dan tidak bisa diintervensi oleh siapapun selain aturan KPU. Maka dari itu kita berharap teman-teman penyelenggara bisa mengambil contoh dan pelajaran dari kasus ini. KPU tidak main-main dalam menegakkan aturan,” tegas Deslie.

Sementara itu diberitakan, Novi sendiri harus menerima konsekuensi tersebut karena kedapatan merayakan HUT bersama petahana calon Wali Kota Maximiliaan J. Lomban (MJL).

Hal ini pun, jadi alasan kuat KPU untuk mengambil tindakan tegas karena telah terbukti mencederai nama baik lembaga KPU sebagai penyelenggara Pilkada.(ryp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here