Bitung Terima Ratusan Juta Rupiah dari Kemensos RI

0
248

BITUNG – Kota Bitung menerima bantuan senilai ratusan juta dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Hal ini dibuktikan saat Wali Kota Bitung menerima bantuan tersebut dari Kepala Seksi Mitigasi Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI, Tota Osena.

Penyerahan bantuan itu diserahkan Tota di Acara Puncak Pencanangan Kampung Siaga Bencana (KSB) Berbasis Kawasan di Kota Bitung di Stadion Duasudara.

Menurut Tota, bantuan yang diserahkan adalah bantuan Kemensos RI untuk Isi Lumbung Sosial KSB sebesar Rp110.322.956.

Bantuan itu menurutnya, dibagi dua untuk mengisi dua lumbung yakni KSB Kecamatan Girian dan KSB Kecamatan Matuari masing-masing sebesar Rp. 55.161.478.

“Bantuan ini diberikan Kemensos RI karena di Sulut, Kota Bitung adalah pertama dan satu-satunya daerah yang memiliki KSB kewilayahan,” kata Tota.

Tota berharap, bantuan itu dimanfaatkan dengan baik dan menjadi motivasi bagi pemerintah daerah untuk terus membentuk KSB di kecamatan lain.

“Harapannya, semua kecamatan dan kelurahan di Kota Bitung punya KSB, terutama kelurahan yang rawan bencana,” katanya.

Wali Kota sendiri menyampaikan terima kasih ke Kemensos RI dan Dinas Provinsi Sulut yang telah menghadirkan program KSB di Kota Bitung.

Kedepannya kata Maurits, semua kelurahan yang rentan bencana akan segera dibentuk KSB karena sampai saat ini baru Kelurahan Girian Bawah, Kelurahan Manembo-nembo dan Kelurahan Girian Weru yang terbentuk KSB.

“Kelurahan lain pasti akan menyusul dan kami sudah minta agar para camat mempersiapkan hal itu,” katanya.

Sementara itu, dalam penyerahan bantuan itu juga disaksikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulut, Rini Tamuntuan, Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, Kepala Dinas Sosial Pemkot Bitung, Give Mose, Kepala BPBD Pemkot Bitung, Rudy Wongkar, Camat Matuari, Sefferson Sumampouw dan Camat Girian, Musli Antameng.(oldy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here