Warga Kumersot Ikuti Sosialisasi Syarat Menjadi Anggota TNI

0
34

BITUNG – Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 Kodim 1310/Bitung menggelar sosialisasi perekrutan anggota TNI tahun 2021.

Sosialisasi yang diigelar di SMP Negeri 3 Kumersot dan dihadiri narasumber Kasdim 1310/Bitung, Mayor Inf Hardi Gue serta dihadiri sejumlah perwakilan masyarakat Kelurahan Kumersot.

Dalam materinya, Hardi menyampaikan sejumlah persyaratan penting untuk menjadi anggota TNI, yakni postur tubuh penting, telinga tidak berlubang dan warga negara Indonesia.

“Itu adalah persyaratan umum yakni warga negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945,” kata Hardi.

Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia juga menjadi persayaratan umum kata dia, serta sehat jasmani dan rohani dan tidak berkacamata.

Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

“Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama sampai dengan dua tahun setelah selesai pendidikan pertama. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 25 September 2021,” jelasnya.

Untuk tinggi badan, kata Hardi, minimal163 cm untuk laki-laki dan 157 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

“Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi: Administrasi Kesehatan Jasmani Mental ideologi Psikologi,” pungkasnya.(oldy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here