Senin, 09 Januari 2023 11:52

Komitmen Atas Kebersihan, Makassar Hadirkan 20 Tangkasaki Teknologi Hidrolik 

Editor : Nurdin Amir
Armada pengangkut sampah Tangkasaki Makassar. @Jejakfakta/Ist.
Armada pengangkut sampah Tangkasaki Makassar. @Jejakfakta/Ist.

Sebentar lagi PSEL hadir di Makassar dan sampah di TPA bisa dikelola langsung di lokasi PSEL.

Jejakfakta.com, Makassar —  Pemerintah Kota Makassar akan melakukan peremajaan terhadap mobil pengangkut sampah Tangkasaki sebanyak 192 unit dan menambah 20 armada dilengkapi teknologi hidrolik sebagai komitmen terhadap kebersihan di Kota Makassar. 

Hal ini disampaikan Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto saat melakukan pengecekan kondisi unit mobil Tangkasaki di Centre Point Of Indonesia (CPI), Senin (9/1/2023). 

Danny menjelaskan Pemerintah Kota Makassar tak lama lagi akan memiliki Pengelolaan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) dimana sampah dari rumah tangga dan TPA bisa langsung dikelola di area PSEL. 

Baca Juga : Film Genre Komedi 'Keluar Main 1994' Tayang 28 Maret

“Sebentar lagi PSEL hadir dan sampah di TPA bisa dikelola langsung di lokasi PSEL. PSEL ini membantu pengelolaan sampah agar bisa tertangani dengan baik. Sampah rumah tangga dipilah sesuai jenisnya sebelum diangkut,” ucapnya. 

Pemkot Makassar juga rencananya menambah 20 armada baru Tangkasaki untuk membantu menjawab beberapa keluhan tentang persampahan. 

Armada ini sudah dilengkapi dengan teknologi hidrolik agar lebih mudah bagi petugas kebersihan dalam menurunkan sampahnya. 

Baca Juga : Isu Jokowi Akan Bertemu Megawati, Puan: Pak Presidennya Mau Ketemu Nggak?

“20 unit ini kami akan bagi sesuai kebutuhan sambil kita tunggu selesai, 192 unit yang diremajakan. Anggaran ada hanya pengelolaannya masih perlu diefektifkan,” ungkap Danny. 

Tak hanya unit Tangkasaki, Danny juga menyorot dan memerintahkan setiap camat untuk memperhatikan para petugas kebersihan yang mengoperasikan unit Tangkasaki. Mulai dari pakaian, sepatu yang safety dan BPJS. 

Hal itu perlu dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Makassar dalam menunjang pekerjaan yang dilakukan para petugas kebersihan. 

Baca Juga : Seorang Lansia di Makassar Jadi Korban Pembunuhan Sadis

“Seragamnya harus ditambah agar tidak tiap hari itu saja dipakai nanti kena penyakit kulit. Minimal 3 pasang. BPJSnya tolong diperhatikan, sepatunya harus safety agar bisa bekerja dengan aman, meminimalisir terjadinya kondisi yang tidak diinginkan,” sebutnya. 

Danny pun berharap lewat penataan total persampahan ini bisa menjadi lebih baik. Ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarang tempat. 

“Masyarakat saya harap bisa disiplin untuk membuang sampah  pada tempatnya. Apalagi di area kaki lima. Kaki lima juga harus perhatikan sampah jualannya, harus dibersihkan,” tegas Danny. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Kebersihan #PSEL #Tangkasaki #Teknologi Hidrolik #Makassar
Youtube Jejakfakta.com