Selasa, 30 April 2024 07:49

Nobar Timnas di Doktor Kopi, IAS: VAR Berguna Untuk Lahirkan Keadilan di Lapangan

Editor : Nurdin Amir
Mantan Ketua Umum PSM Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) Nonton Bareng Timas U-23 di Doktor Kopi, Pengayoman Makassar, Senin malam (29/4/2024). @Jejakfakta/dok. Reza Arifuddin
Mantan Ketua Umum PSM Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) Nonton Bareng Timas U-23 di Doktor Kopi, Pengayoman Makassar, Senin malam (29/4/2024). @Jejakfakta/dok. Reza Arifuddin

Sepak bola nasional harus mulai beradaptasi dengan teknologi pembantu wasit dalam mengadili di lapangan.

Jejakfakta.com, Makassar -- Timnas Indonesia U-23 menelan pil pahit saat berhadapan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U23 di Stadion Abdullah bin Khalifa Senin malam, 29 April 2024.

Anak asuh Shin Tae-yong itu dilibas 2-0 tanpa balas. Dua gol kemenangan Uzbekistan dilesakkan Khusayin Norchaev usai menerima umpan dari Mukhammadkodir Khamraliev pada menit ke-68. Lalu bertambah lewat bunuh diri Pratama Arhan di menit ke-86.

Mantan Ketua Umum PSM Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menyebut sajian permainan Timnas U-23 di Piala Asia sudah optimal. Membanggakan dan mulai membuka harapan Indonesia bisa menatap laga-laga dunia mendatang.

Baca Juga : IAS Tegaskan Pentingnya Pengetahuan Soal Hak Cipta di Era Digital

"Dan yang terpenting, asa untuk menjaga kans bermain di Olimpiade Paris 2024 itu masih terjaga kan?" ujar mantan wali kota Makassar dua periode itu, usai Nonton Bareng Timnas U-23 di Doktor Kopi, Pengayoman Makassar, Selasa dini hari, 30 April 2024.

Laga timnas U-23 Indonesia berburu tiket Olimpiade Paris 2024 memang masih berlanjut.

Kekalahan dari Uzbekistan memaksa Indonesia memburu tiket prestisius itu melalui jalur peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Anak-anak asuh pelatih asal Korsel itu akan bertemu Irak pada 2 Mei mendatang. Timnas U-23 Irak juga menderita kekalahan 0-2 dari Jepang di semifinal.

Baca Juga : Tertinggi di Survei Golkar Kalahkan Adnan, Indah dan Taufan Pawe, IAS Pantang Injak Rem

Sosok yang begitu peduli dengan peningkatan sepak bola ini lalu memberi catatan lain terkait kehadiran teknologi Video Assissten Referee (VAR) di pentas kelas dunia.

Di mata Manajer yang pernah ikut mengantar PSM ikut Liga Champions Asia itu, sepak bola nasional harus mulai beradaptasi dengan teknologi pembantu wasit dalam mengadili di lapangan.

"Mau tidak mau kita harus membiasakan diri. Seperti bahagianya suporter timnas yang terselematkan oleh VAR saat adu penalti dengan Korsel, begitupula bahagianya suporter Uzbekistan saat gol timnas dianulir juga setelah menilik VAR," kata dia.

Baca Juga : PSM Makassar Gelar Latihan Perdana di Stadion Kalegowa

Kembali ke soal Olimpiade 2024, Piala Asia U-23 2024 memang bagian dari kualifikasi menuju Olimpiade 2024. Tiga wakil Asia (AFC) di Olimpiade 2024 ditentukan berdasarkan hasil di Piala Asia U-23 2024.

Dua tim yang melaju ke final dipastikan lolos ke fase grup Olimpiade 2024. Lalu slot berikutnya diisi oleh pemenang ketiga yang akan diperebutkan Indonesia dan Irak.

Bagaimana jika Indonesia kalah? Masih ada jalan terakhir.

Baca Juga : PSM Makassar Gaet Daisuke Sakai, Samurai Baru dari Klub Elite India

Tim peringkat ke-4 Piala Asia U-23 bisa lolos ke Olimpiade 2024 lewat babak play-off. Tim tersebut akan bertemu wakil Afrika, Guinea, pada 9 Mei 2024 nanti. Tim pemenang akan lolos ke Olimpiade Paris 2024. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Piala Asia U23 #Indonesia U-23 #Uzbekistan #Shin Tae-yong #PSM Makassar #Ilham Arief Sirajuddin
Youtube Jejakfakta.com