Jumat, 03 Mei 2024 16:12

Banjir dan Longsor Terjang 5 Kabupaten di Sulsel, 7 Warga Luwu Meninggal

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Samsir
Intensitas hujan yang tinggi membuat bencana banjir di Kabupaten Wajo. Banjir dan tanah longsor juga melanda 5 Kabupaten di Sulawesi Selatan, Jumat (3/5/2024). (Foto: warga)
Intensitas hujan yang tinggi membuat bencana banjir di Kabupaten Wajo. Banjir dan tanah longsor juga melanda 5 Kabupaten di Sulawesi Selatan, Jumat (3/5/2024). (Foto: warga)

Banjir dan tanah longsor di empat daerah ini mengakibatkan rusaknya beberapa infrastruktur jalan, jembatan hingga lahan pertanian dan kebun.

Jejakfakta.com, MAKASSAR -- Banjir bandang dan tanah longsor menerjang lima kabupaten di Sulsel, Jumat dini hari tadi, 3 Mei 2024. Masing-masing di Kabupaten Luwu, Enrekang, Sidrap, Wajo, dan Sinjai.

Di Kabupaten Luwu, tujuh warga dilaporkan meninggal dunia. Sementara di Kabupaten Enrekang, Sidrap, Wajo, dan Sinjai, meski tidak ada korban meninggal dunia, tetapi ribuan warga terdampak. Akses jalan juga dilaporkan terputus.

Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat menghadiri peringatan Hari Jadi Luwu Timur, sebelum menyampaikan sambutan resminya, mengucapkan turut berduka atas peristiwa yang terjadi di empat daerah tersebut.

Baca Juga : Kasus Ojol Antar Jenasah ke Pangkep, Kepala Puskesmas Sarappo Minta Maaf 

"Sebelum saya memberikan sambutan, mohon berkenan kepada kita semua untuk mendoakan saudara-saudara kita di Luwu, Enrekang, Sidrap, Wajo, dan Sinjai yang mendapatkan cobaan, bencana banjir dan tanah longsor," ucap Bahtiar.

"Di Luwu, laporan yang saya dapatkan sampai saat ini ada tujuh orang yang meninggal. Oleh karenanya saya memohon keridhoan semua untuk mendoakan dan semoga diberikan kekuatan dan kemudahan untuk melalui semua ini. Kita serahkan pada Allah Subhana hu waata ala," sambungnya lagi.

Atas nama Pemerintah provinsi dan masyarakat Sulsel, Bahtiar menyampaikan duka mendalam atas peristiwa yang menelan korban jiwa tersebut. Iapun telah menginstruksikan Kepala OPD terkait untuk turun langsung melakukan penanganan, termasuk koordinasi dengan pemerintah setempat dan jajaran Forkopimda.

Baca Juga : Terungkap Dibalik Kematian Nenek Tarimah Ditangan Cucu di Makassar, Ini Motifnya!

"Atas nama Pemerintah Provinsi dan Masyarakat Sulsel kami menyampaikan turut berduka cita atas apa yang menimpa saudara-saudara kita," ucap Bahtiar.

Berdasarkan data yang diterima, banjir dan tanah longsor di empat daerah ini mengakibatkan rusaknya beberapa infrastruktur jalan, jembatan, hanyutnya beberapa rumah, lahan pertanian dan kebun, serta empang terendam banjir.

Tim BPBD, Tagana dan personil lainnya sdh turun ke lapangan untuk melakukan penanganan.

Baca Juga : Penemuan Mayat Perempuan Paruh Baya di Makassar, Polisi Temukan Ada Luka di Tubuh Korban

Berikut data warga yang meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu:

  1. Rumpak (97 tahun)
  2. Jatima (55 tahun)
  3. Rima (84 tahun)
  4. Muhammad Misdar (29 tahun)
  5. Mawi (57 tahun)
  6. Sukma (9 tahun)
  7. Kapila (84 tahun) (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Banjir bandang #Tanah Longsor #Kabupaten Luwu #Enrekang #Meninggal Dunia #akses jalan
Youtube Jejakfakta.com