Jumat, 17 Mei 2024 07:27

Stafsus Hasanuddin Ali Sampaikan 3 Pesan Kepada Jamaah Haji Kloter 7 UPG Makassar

Editor : Redaksi
Penulis : Samsir
Pelepasan secara resmi jemaah haji kelompok terbang (kloter) 7 UPG menuju Arab Saudi, Kamis (16/5/2024) di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar. @Jejakfakta/dok. Humas Pemprov Sulsel
Pelepasan secara resmi jemaah haji kelompok terbang (kloter) 7 UPG menuju Arab Saudi, Kamis (16/5/2024) di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar. @Jejakfakta/dok. Humas Pemprov Sulsel

Jemaah haji diminta meluruskan niat untuk melaksanakan ibadah haji.

Jejakfakta.com, Makassar -- Didampingi Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Ramadhan Harisman, Ketua PPIH Embarkasi Makassar, H Muh Tonang dan jajarannya, staf khusus Menteri Agama RI H. Hasanuddin Ali melepas secara resmi jemaah haji kelompok terbang (kloter) 7 UPG menuju Arab Saudi, Kamis (16/5/2024) di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar, yang ditandai dengan penyerahan bendera merah putih kepada ketua kloter.

Pada seremoni pelepasan, Hasanuddin Ali menitip 3 pesan kepada Jemaah haji, yang pertama Jemaah haji diminta meluruskan niat untuk melaksanakan ibadah haji. “Tidak ada niat atau hal lain kecuali hanya beribadah kepada Allah,” ujarnya.

Yang kedua Hasanuddin Ali meminta Jemaah agar senantiasa menjaga Kesehatan, sebab ibadah haji merupakan ibadah yang memerlukan fisik yang kuat.

Baca Juga : Cerita Ibu Lurah Romlah asal Toraja, Doakan Warganya Bisa Berhaji Saat di Tanah Suci

“Semua aktifitas ibadah disana membutuhkan fisik yang prima, maka selama disana tolong jaga kesehatan, minum air putih yang banyak biar tidak dehidrasi. Karena ini gelombang pertama maka tolong jangan diporsir tenaga di madina, karena setelah di madina akan diberangkatkan ke mekkah menuju puncak haji di arafah, musdalifah, dan mina,” katanya.

Dan yang ketiaga, ia meminta Jemaah mendoakan keluarga, dan tetangga di Indonesia. “Doa yang dipanjatkan ditanah suci makbul, maka jangan lupa mendoakan keluar di indonesia,” ujarnya.

Kloter 7 bersal dari provinsi Sulawesi Barat dengan jumlah 442 orang Jemaah, didampingi oleh 1 orang ketua kloter, 1 orang pembimbing ibadah, 1 dokter, 2 perawat, dan 3 orang petugas haji daerah, sehingga jumlah keseluruhan sebangak 450 orang.

Baca Juga : Di Raudhah, Jamaah Haji Kloter 8 Embarkasi Makassar Dapat Waktu Kunjungan Cukup Lama

Dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 1107, kloter 7 terbang dari bandara sultan Hasanuddin Makassar, Jumat 17 mei 2024 pukul 01.47 Wita, menuju madinah

Berselang kurang 2 jam, PPIH embarkasi makassar kembali melepas kloter 6 fligth 2, dengan jumlah Jemaah dan petugas sebanyak 230 orang, lepas landas di Bandara Sultan Hasanuddin menuju Madinah Arab Saudi, Jumat 17 mei 2024 pukul 03.24, dan akan bergabung dengan kloter 6 flligth 1 yang lebih dulu dibengkatkan kamis 16 mei 2024 pukul 04.07 WITA.

Jumlah Jemaah haji dan petugas yang telah di berangkatkan oleh PPIH embarkasi makassar sebanyak 3.149 orang yang terbagi dalam 7 kloter.

Baca Juga : Bea Cukai Makassar Ingatkan JCH Maksimal Barang 20 pcs Per Penumpang

Sebelumnya, PPIH juga telah menerima jemaah haji kloter 8 di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang makassar, pada 16 Mei 2024 pukul 20.00 WITA, rencana akan di terbangkan sabtu 18 mei 2024 pukul 03.20 WITA.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Embarkasi Makassar #Hasanuddin Ali #Jemaah Haji
Youtube Jejakfakta.com