Kamis, 02 Februari 2023 07:03

Gagal Tender 2022, Bagaimana Nasib Stadion Mattoanging Tahun Ini?

Editor : Herlina
Gambar desain terbaru Stadion Mattoanging, Makassar. (Dok. Jejakfakta.com/Dispora Sulsel)
Gambar desain terbaru Stadion Mattoanging, Makassar. (Dok. Jejakfakta.com/Dispora Sulsel)

Stadion Mattoanging dianggarkan sebesar Rp66 miliar pada APBD 2022. Tapi tidak terealisasi, karena gagal tender. Proyek kembali dianggarkan pada APBD 2023 sebesar Rp60 miliar.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Darmawan mengungkapkan, pembangunan Stadion Mattoanging, Makassar yang dirobohkan beberapa tahun lalu harus mengikuti aturan yang berlaku.

Pada APBD tahun 2022 lalu, Stadion Mattoanging dianggarkan sebesar Rp66 miliar. Tapi tidak terealisasi, lantaran terjadi gagal tender. Sehingga proyek tersebut kembali dianggarkan pada APBD 2023 sebesar Rp60 miliar.

“Kita tetap melanjutkan pembangunan stadion itu. Tentu dari tahun lalu kita sudah mulai. Cuma secara normatif, tentu kita tidak bisa lompat begitu saja karena kita mau bangun lantas aturan-aturan kita lampaui. Tidak boleh ada aturan yang dilanggar” ungkap Darmawan.

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Ingin Perjalanan Arus Mudik Berjalan Lancar, Berikut Imbauan dan Instruksinya

Diketahui, 2022 lalu, proyek Stadion Mattoanging sempat dua kali gagal tender lantaran tidak ada perusahaan yang memenuhi syarat. Pemprov sempat mengisyaratkan akan membuka lelang ketiga, namun urung hingga akhir tahun. Namun dengan dalih ada gugatan hukum, maka semua berhenti.

Isu penunjukan langsung kontraktor, juga mencuat, tapi Pemprov Sulsel tidak mengambil jalan ini. Bahkan sempat beredar kabar bahwa anggaran untuk proyek tersebut akan dialihkan untuk proyek lain.

Namun hal ini dibantah Pemprov Sulsel. “Ada proses yang dilaksanakan tetapi itu gagal lelang. Kami menunggu sampai bulan terakhir, ada kemarin yang mengatakan bahwa mau ditarik itu menjadi pembiayaan lain. Kita tetap menyimpan anggaran sampai dengan detik terakhir,” tukas Darmawan.

Baca Juga : Gerakan Ramadan Berbagi Bahagia Dihadiri Puluhan Ribu Warga di Bone

Dia menegaskan, niat Pemprov Sulsel, membangun kembali Stadion Mattoanging yang sudah tidak berbentuk itu, tidak pernah padam.

Pasalnya, masyarakat membutuhkan sarana dan prasarana olahraga untuk mendukung pengembangan atlet khususnya sepak bola.

"Stadion itu menjadi prioritas kita. Kita lihat nanti bagaimana prosesnya bisa berjalan sebab kita tidak akan melompati norma-norma yang belum tentu akan menjadi persoalan di belakang kami,” lanjut Darmawan. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Stadion Mattoanging #Gagal Tender #APBD #Pemprov Sulsel
Youtube Jejakfakta.com