Kamis, 23 Februari 2023 23:41

Beberapa Provinsi di Cina Terapkan Kebijakan Cuti Bulan Madu untuk Pasangan Suami Istri yang Baru Menikah

Suasana di salah satu pusat kota di Cina. @Jejakfakta/Pond5
Suasana di salah satu pusat kota di Cina. @Jejakfakta/Pond5

Sejumlah provinsi menerapkan kebijakan yang lebih mendukung pasangan suami istri agar dapat bereproduksi dengan leluasa.

Jejakfakta.com - Sejumlah provinsi di Cina memberikan pasangan suami istri yang baru menikah cuti selama 30 hari agar mereka memiliki waktu yang cukup untuk bereproduksi, dan akhirnya meningkatkan angka kelahiran di negara itu.

Hal ini dilakukan karena jumlah populasi dan angka kelahiran di Cina terus menurun, salah satu faktornya adalah fenomena yang disebut dengan resesi seks.

"Diperpanjangnya cuti pernikahan adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan angka kelahiran," kata Dekan Institut Riset Keuangan dan Ekonomi Universitas Barat Laut Cina, Yang Haiyang, seperti dikutip oleh Reuters pada Rabu (22/2/2023) kemarin.

Baca Juga : "Resesi Seks" Makin Ngeri di China, Ini Penyebabnya!

Apa itu resesi seks?

Istilah resesi seks merujuk pada penurunan gairah seseorang untuk berhubungan seks, menikah, dan memiliki anak, yang disebabkan oleh banyak faktor yang berbeda.

Menurut aturan, pemerintah pusat Cina hanya memberikan tiga hari libur bagi pasangan yang baru menikah. 

Baca Juga : Membaca Gaya Hidup Negeri K-Pop dan Jepang yang Kini Krisis Populasi

Namun, sejumlah provinsi menerapkan kebijakan yang lebih mendukung pasangan suami istri agar dapat bereproduksi dengan leluasa.

Beberapa provinsi yang menerapkan kebijakan cuti bulan madu ini antara lain Provinsi Gansu dan Shanxi.

Di tahun 2022, terdapat 8.000 kematian di Henan dengan angka kelahiran yang lebih sedikit, yang menyebabkan penurunan populasi.

Faktor-faktor yang menyebabkan penurunan populasi antara lain semakin berkurangnya jumlah perempuan usia produktif untuk melahirkan anak, perubahan keyakinan, penundaan pernikahan dan kelahiran, serta arus keluar orang-orang dari daerah tersebut yang mengakibatkan penurunan populasi yang berkelanjutan, ditambah dengan angka kematian yang meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Cina #Resesi seks #Populasi #Bulan madu
Youtube Jejakfakta.com