Sabtu, 18 Maret 2023 17:01

Andi Najamuddin Sebut IAS Besar di Lingkungan Khalwatiyah 

Editor : Nurdin Amir
Ilham Arief Sirajuddin (IAS) bersama Pimpinan Tarekat Khalwatiyah Samman Kab Wajo, Andi Najamuddin. @Jejakfakta/Reza Arifuddin
Ilham Arief Sirajuddin (IAS) bersama Pimpinan Tarekat Khalwatiyah Samman Kab Wajo, Andi Najamuddin. @Jejakfakta/Reza Arifuddin

Kehangatan hubungan itu semakin erat terjalin karena Arief Sirajuddin kemudian diangkat menjadi Bupati Gowa (1976-1984). IAS di masa kecil paling sering datang ke kediaman Puang Rukka di Maros. 

Jejakfakta.com, Wajo - Pimpinan Tarekat Khalwatiyah Samman Kab Wajo, Andi Najamuddin menegaskan Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) bukan sosok asing di mata kelompok tarekat terbesar di Sulsel ini. 

Hal itu disampaikan Andi Najamuddin di hadapan jemaah Khalwatiyah Samman Wajo, di Ulu Galung, Kamis malam (16/3/2023). Bahkan, Najamuddin menyebut wali kota Makassar 2004-2014 itu dan keluarganya besar di lingkungan inti khalwatiyah. 

"Jadi, kalau kelihatan IAS dekat dengan khalwatiyah, tidak perlu terlalu heran. Karena IAS dan ayahnya, Arief Sirajuddin memang besar di lingkungan khalwatiyah," terangnya. 

Baca Juga : IAS: Siri' Polri Itu Siri' KBPP Polri Juga

IAS memang memiliki kekerabatan erat dengan mantan khalifah Tarikat Khalwatiyah Samman,  yakni Syekh Abdus Samad Andi Pallajarang atau yang dikenal dengan Puang Rukka. 

Kekerabatan itu bertaut karena Arief Sirajuddin diangkat anak oleh salah satu putera Puang Rukka bernama Andi Muh Sunusi Puang Mala, di tahun 50-an. Kedekatan itu bermula dari ibu dari Arief Sirajuddin yang juga warga Tarikat Samman. 

Kedekatan kedua keluarga ini kemudian semakin erat setelah Arief Sirajuddin dimasukkan polisi atas kontribusi  keluarga Puang Mala, yang juga  memiliki darah keturunan raja Bone. 

Baca Juga : Kemah Lingkungan Bosara 2023, Dorong Generasi Muda Peduli Sampah Plastik

Kehangatan hubungan itu semakin erat terjalin karena Arief Sirajuddin kemudian diangkat menjadi Bupati Gowa (1976-1984). IAS di masa kecil paling sering datang ke kediaman Puang Rukka di Maros. 

Kehadiran IAS di Markas Khalwatiyah Samman Wajo disambut begitu hangat. IAS dijamu makan malam berjemaah. 

Sebelumnya di malam yang sama, IAS juga menyambangi tokoh senior Golkar Wajo, Andi Bahri, di kediamannya di Lapongkoda, Kota Sengkang. 

Baca Juga : Keakraban IAS dan Rohadi, Ngopi Bareng Usai Salat Subuh di Pangkajene Sidrap

Mantan legislator Wajo dua periode itu lalu berkisah sosok IAS saat menjadi Ketua Golkar Sulsel di tahun 2008-2009 dan selaku wali kota Makassar. 

"IAS ketika itu sudah menunjukkan karakter pemimpin yang mampu mengayomi semua golongan. Makassar saat itu begitu harmonis, dan Golkar ketika itu begitu kuat," kenang Andi Bahri didampingi puteranya Andi Faisal dan Andi Zainal Arifin. 

Andi Bahri di usia 73 tahun berjanji akan mengerahkan kekuatan keluarga besar mendukung IAS menuju pilgub Sulsel 2024 mendatang. 

Baca Juga : Dialog Bersama Ratusan Warga Malua Enrekang Hingga Dini Hari, IAS Dinilai Pemimpin Kreatif yang Dibutuhkan Sulsel

"Kematangan IAS sebagai pemimpin itu jadi jaminan Sulsel kelak lebih sejahtera di tangannya. Jadi mari memberinya kesempatan," tegas purnawirawan Polri itu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Ilham Arief Sirajuddin (IAS) #Tarekat Khalwatiyah Samman #Wajo #Puang Rukka #Makan Malam Berjemaah
Youtube Jejakfakta.com