Jumat, 12 Mei 2023 08:23

Rektor: Hubungan Unhas dengan Hiroshima University Sudah 47 Tahun

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Jamaluddin Jompa dan rombongan di Hiroshima University Kampus Saijo, Jepang, Rabu (10/5/23).
Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Jamaluddin Jompa dan rombongan di Hiroshima University Kampus Saijo, Jepang, Rabu (10/5/23).

Kedua Universitas bersepakat untuk bekerja sama dalam bidang pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan.

Laporan: Kepala Bagian Humas Unhas, Ahmad Bahar

Hari ketiga kunjungan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr. Jamaluddin Jompa, M.Sc., ke Jepang, rombongan mengunjungi Hiroshima University di Kampus Saijo, Rabu (10/5/23). Dalam kunjungan ini, Rektor Unhas didampingi Prof. Adi Maulana, M.Phil., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Kerjasama Inovasi Bisnis dan Wirausaha dan Dr. Sawedi Muhammad, Sekretaris Rektor Unhas. 

Seperti yang disampaikan Wakil Rektor IV Prof. Adi Maulana dari Jepang, kunjungan rombongan Unhas tersebut diterima langsung oleh Presiden Hiroshima University Presiden Mitsuo Ochi dan jajarannya. Acara diawali dengan mengundang Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa dalam acara seremoni untuk meresmikan pembaharuan plakat Universitas Hasanuddin yang ditanam di Memorial Park yang ada di Hiroshima Deigaku. Plakat sebut sebagai simbol persahabatan panjang yang telah dimulai oleh Unhas dan Hiroshima University ketika Prof. dr. Husni Tanra, Ph.D., melakukan studi lanjut di Hiroshima University.

Baca Juga : Hari Ini di Unhas, Adik Prabowo dan Mentan Andi Amran Pembicara Dialog Kebangsaan

“Artinya, hubungan Unhas dengan Hiroshima University telah berlangsung sekitar 47 tahun yang lalu,” kata Prof. JJ.

Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr Jamaluddin Jompa dan rombongan di Hiroshima University Kampus Saijo, Jepang, Rabu (10/5/23).

Dalam kunjungan ini pula diperbaharui Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani sejak tahun 1997 yang masih berlaku sampai sekarang. Dalam seremoni ini Prof. Jamaluddin Jompa menyerahkankan plakat Unhas dengan simbol kemudi perahu yang terbuat dari pohon jati, salah satu pohon khas dari Indonesia.

Baca Juga : Laga Hidup Mati: Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023. Akankah Tim Garuda Membuat Sejarah?

Pertemuan kemudian dilanjutkan di Ruang Rapat Rektor Hiroshima University. Pertemuan ini berlangsung sangat hangat, dan disepakati beberapa pola-pola dan skema kerjasama ke depannya. Unhas dan Hiroshima University nantinya akan saling memperkuat, tidak hanya di dalam bidang-bidang yang selama ini sudah ada seperti bidang kedokteran, teknik dan bidang-bidang lainnya tapi kedua Universitas juga sepakat untuk bekerjasama dalam bidang yang relatif baru di Indonesia seperti di bidang sains material. Hal ini tentu akan mendukung Unhas yang kebetulan baru membuka Departemen Material dan Metalurgi sehingga kedepan diharapkan kedua Universitas bisa bekerja sama lebih erat dan diikuti luaran-luaran berupa publikasi-publikasi berlevel internasional.


Selain itu, menurut Prof Adi Maulana yang dihubungi via jaringan media sosial juga menyampaikan bahwa kedua Universitas bersepakat untuk bekerja sama dalam bidang pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga : Unhas Diterpa Kasus Perselingkuhan, Rektor: Janganlah Dibesar-besarkan

Pertemuan di ruang rektor ini berlangsung sekitar 15 menit dan diakhiri saling bertukar cenderamata antara Rektor Unhas dengan Rektor Hiroshima University. Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa menyerahkan Coklat Celebes yang merupakan produk Unhas dan diberikan langsung ke Rektor Hiroshima University. Sebaliknya, Rektor Hiroshima University Prof. Mitsuo Ochi juga memberikan dasi sebagai simbol pertemanan kepada Rektor Unhas. Selanjutnya, rombongan dan tuan rumah berfoto bersama dan dilanjutkan makan malam bersama.

Selanjutnya, Rektor Unhas beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Tokyo yaitu mengunjungi salah satu sains tekno park (STP) terbesar yang ada di Jepang. STP ini terletak di Kota Suraoka sebelah utara Tokyo yang saat ini dikelola oleh Keio University, salah satu universitas swasta terbesar di Jepang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Jamaluddin Jompa #Hiroshima University #Jepang #Ahmad Bahar #Sawedi Muhammad #Adi Maulana #Mitsuo Ochi
Youtube Jejakfakta.com