Senin, 15 Mei 2023 14:08

Cerita Pilu Ketua Golkar Iqbal Zafarullah Terjun ke Sungai Usai Pendaftaran Caleg

Pencarian M Iqbal Zafarullah (43)
Plt Ketua Partai Golkar Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, di Sungai Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Ahad (14/5/2023).
Pencarian M Iqbal Zafarullah (43) Plt Ketua Partai Golkar Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, di Sungai Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Ahad (14/5/2023).

Iqbal ditemani oleh istri dalam pengajuan daftar bakal caleg Golkar hingga detik-detik kejadian di tepi sungai.

Kubu Raya - M Iqbal Zafarullah (43) belum ditemukan. Pelaksana tugas (Plt) Ketua Partai Golkar Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, itu nekat melompat ke Sungai Kapuas, Ahad (14/5/2023), diduga percobaan bunuh diri.

Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, seperti diberitakan tribunpontianak, mengatakan, Iqbal terjun ke sungai terpanjang Indonesia sepulang dari Kantor KPU Kubu Raya pendaftaran nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Golkar Kubu Raya. 

Iqbal ditemani oleh istri dalam pengajuan daftar bacaleg hingga detik-detik kejadian di tepi sungai yang bermuara di Laut Cina Selatan tersebut.

Baca Juga : Daftarkan 50 Bacaleg, PPP Target Minimal 7 Kursi di DPRD Makassar

Dia sempat mengajak istrinya pulang ke rumah, namun dalam perjalanan ternyata berubah arah. 

Mobil Iqbal tidak mengarah ke rumahnya Jl Tabrani Ahmad, Kecamatan Pontianak Barat, tetapi menuju ke Jl Abdurrahman Wahid, Sungai Kapuas, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya.

"Iqbal membawa mobilnya masuk ke dalam pangkalan pasir, dan mengarahkan mobilnya langsung ke arah sungai. Namun, dihalangi istrinya menggunakan rem tangan,” kata Arief, melalui keterangan tertulis, Ahad siang. 

Baca Juga : KPU Makassar Buka Pendaftaran Bacaleg Mulai 1 Mei, Berikut Persyaratannya

Plt Ketua Golkar Kubu Raya Iqbal Zafarullah (43).

Seorang pekerja yang sedang mengoperasikan ekskavator turut menjadi saksi kejadian. 

Menurut operator ekskavator tersebut, mobil Iqbal agak melaju saat masuk ke pangkalan pasir.

“Mobilnya sempat berhenti di belakang ekskavator," kata Arief menirukan kata saksi. 

Menurut Arief, saksi juga melihat Iqbal dan istrinya saling tarik saat keluar mobil.  

Hingga kemudian korban yang masih menggunakan baju warna kuning berjalan menuju tongkang pasir dan menceburkan diri tepat di jangkar tongkang.

"Belum diketahui pasti motif aksi bunuh diri ini," kata Arief.

Saksi berinisial N yang diwawancarai tribunpontianak, mengatakan, kejadiannya sangat cepat, "Saya mendengar dan melihat mobil tersebut melaju ke arah saya, dan sempat hampir menabrak ekskavator yang sedang bekerja."

Kepala Basarnas Pontianak, I Made Junetra, mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

"Berdasarkan informasi di terima korban melompat ke sungai Kapuas, Desa Kuala Dua , Kab. Kubu Raya. Peristiwa ini juga disaksikan oleh istri korban, saat kejadian pukul 10.30 Wib korban bersama istrinya hendak pulang ke rumah menggunakan mobil, dalam perjalanan tiba-tiba korban membawa istrinya menuju tepian sungai kapuas berniat utk percobaan bunuh diri, si istri berusaha untuk menggagalkan rencana tersebut namun si korban tidak dapat dicegah," kata I Made Junetra dalam keterangannya, dikutip dari tribunpontianak.

M Iqbal Zafarullah menjabat Plt Ketua Golkar Kubu Raya pada Desember 2022. Iqbal menggantikan Erry Iriansyah yang terjerat proses hukum di Polda Kalimantan Barat.

Iqbal pernah menjadi wakil ketua DPD Golkar Kalbar dan pernah menjabat Plt Golkar Bengkayang.

Iqbal juga dikenal aktif di PW Mathlaul Anwar Kalimantan Barat.(tribunpontianak/berbagai sumber).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#M Iqbal Zafarullah (43) #Plt Ketua Golkar Kubu Raya #Sungai Kapuas #Kalimantan Barat #pendaftaran bacaleg #Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat #percobaan bunuh diri #Desa Kuala Dua #Kecamatan Sungai Raya
Youtube Jejakfakta.com