Senin, 03 Juli 2023 17:28

Desa Tompobulu dan Kelurahan Balleanging Ikuti Lomba Tingkat Provinsi

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Erwin Ijarta
Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) didampingi Forkopimda menyambut kedatangan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi. @Jejakfakta/dok. humas Pemkab Sulsel
Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) didampingi Forkopimda menyambut kedatangan tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi. @Jejakfakta/dok. humas Pemkab Sulsel

Kedapan desa dan kelurahan di Kabupaten Pangkep bisa memiliki tempat wisata unggulan.

Jejakfakta.com, Pangkep - Desa Tompobulu dan kelurahan Balleanging, Kecamatan Balocci menjadi wakil Kabupaten Pangkep mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi Sulawesi Selatan.

Tim penilai, berkunjung langsung ke Desa Tompobulu dan Kelurahan Balleanging untuk melakukan penilaian.

Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) didampingi Forkopimda menyambut kedatangan tim penilai.

Baca Juga : Bimtek Pengelolaan Keuangan Dinas Kesehatan Pangkep

Mantan ketua DPRD itu juga mengharapkan agar kedapan desa dan kelurahan di Kabupaten Pangkep bisa memiliki tempat wisata unggulan. 

Selain itu Bupati Pangkep MYL juga mengharapkan program kedepan di daerah pegunungan mayoritas banyak sayur bisa juga tersedia banyak ikan.

"Program kedepan bagaimana di daerah pegunungan yang mayoritas banyak sayur mayur kita usahakan banyak ikan disana begitupun daerah kepulauan yang mayoritas banyak ikan kami usahakan banyak sayur disana," kata Bupati MYL, Senin (3/07/2023).

Baca Juga : Presiden Jokowi Kunker di Sulsel, Ini Jadwalnya!

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Prov Sul-Sel yang juga ketua tim penilai, H. Muh Saleh menyampaikan terima kasih dari tim Verifikasi atas sambutan dari pemkab Pangkep atas sambutan yang luar biasa.

Harapannya ajang perlombaan ini jangan hanya sebatas perlombaan saja, kedepan bisa ditingkatkan agar lebih maksimal.

Wakil ketua tim verifikasi A. M Akbar menambahkan, penilaian yang dilakukan meliputi sejumlah aspek.

Baca Juga : Sandiaga Uno Jelajahi Desa Wisata Balleanging Pangkep

Sesuai Permendagri 81 katanya, aspek yang dinilai terdiri dari aspek pemerintahan desa meliputi administrasi, kewilayahan, tapal batas dan aset desa.

Kedua, terkait aspek pendidikan. Pendidikan secara menyeluruh, baik kewenangan provinsi, kabupaten dan desa menyesuaikan dengan APBDes. Ketiga, aspek kesehatan. Penanganan stunting, gizi buruk dan kemiskinan ekstrem. Dan keempat, aspek pemberdayaan masyarakat. Pembinaan keamanan dan ketertiban.

"Terpenting, bagaimana menggunakan produk unggulan desa sendiri. Termasuk inovasi yang diciptakan oleh kepala desa. Dari delapan desa yang ikuti tahun ini, itu semua aspek yang kita nilai. Akan kami akumulasi secara penilaian kuantitatif. Tapi secara kualitiatif, akan kita nilai bagaimana pemahaman aparat dalam menjalankan program pembangunan di desa dan kelurahan," jelasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#desa tompobulu #kelurahan balleanging #Kabupaten Pangkep #lomba desa #Pemprov Sulsel #Bupati Pangkep #Muhammad Yusran Lalogau #tim penilai #tempat wisata #pemerintahan desa #Inovasi
Youtube Jejakfakta.com