Sabtu, 22 Juli 2023 14:39

Siswa MAN 2 dan Siswi SMAN 4 Berhasil Terpilih sebagai Duta Genre Bulukumba Tahun 2023

Editor : Nurdin Amir
Ahmad Arif dari MAN 2 Bulukumba sebagai Duta Genre Putra Bulukumba, dan Fitri Yuliani dari SMAN 4 Bulukumba sebagai Duta Genre Putri Bulukumba 2023. @Jejakfakta/dok. Humas Pemkab Bulukumba
Ahmad Arif dari MAN 2 Bulukumba sebagai Duta Genre Putra Bulukumba, dan Fitri Yuliani dari SMAN 4 Bulukumba sebagai Duta Genre Putri Bulukumba 2023. @Jejakfakta/dok. Humas Pemkab Bulukumba

Mendorong remaja di Bulukumba untuk menjauhi perilaku bebas, narkotika, psikotropika, dan HIV AIDS.

Jejakfakta.com, Bulukumba - Kegiatan "Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana Tingkat Kabupaten Bulukumba" telah menetapkan pemenang untuk kategori Duta Genre Bulukumba tahun 2023.

Acara grand final yang berlangsung pada Jumat, 21 Juli 2023, berhasil menobatkan Ahmad Arif dari MAN 2 Bulukumba sebagai Duta Genre Putra Bulukumba, dan Fitri Yuliani dari SMAN 4 Bulukumba sebagai Duta Genre Putri Bulukumba.

Dalam malam puncak acara, 15 pasang finalis berkompetisi dengan menyampaikan orasi yang berfokus pada peran remaja dalam Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja). Mereka mengedepankan pentingnya melakukan komunikasi informasi dan edukasi mengenai kehidupan sehat kepada sesama remaja, sebagai upaya mencegah stunting yang dapat dimulai sejak usia remaja.

Baca Juga : 40 Warga Bulukumba Nikmati Fasilitas Mudik Gratis

Kegiatan ini merupakan bagian dari seleksi dan penilaian terhadap para Calon Duta Genre yang akan mewakili Kabupaten Bulukumba di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Dari 15 finalis, akan dipilih 8 pasang top, 6 pasang top, dan 3 pasang terbaik sebagai Duta Genre Bulukumba.

Indri Lestari, Ketua Forum Genre Pinisi Bulukumba, menjelaskan bahwa seleksi Duta Genre Bulukumba dimulai dengan tahapan seleksi administrasi, tes tertulis, fokus grup diskusi, implementasi modul tentang kita, wawancara, presentasi program inovasi, dan orasi.

Baca Juga : Bupati Andi Utta Serahkan 123 Rumpon ke 21 Kelompok Nelayan

"Semua tahapan tersebut dijadikan penilaian untuk menilai kualitas dan kapasitas calon Duta Genre Bulukumba," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, dr Wahyuni yang juga menjadi Dewan Juri Pemilihan Duta Genre Bulukumba, menyampaikan harapannya terhadap kegiatan Forum Genre dan PIK Remaja. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada remaja untuk menghindari perilaku berisiko stunting, serta mendorong mereka untuk menjauhi perilaku bebas, narkotika, psikotropika, dan HIV AIDS.

Dr. Wahyuni menambahkan kegiatan ini memiliki arah yang baik dalam membentuk karakter dan akhlak generasi muda kita sebagai calon pemimpin di masa depan.

Baca Juga : Dua Putra Terbaik Bulukumba Perkuat Timnas, Dilepas Resmi Bupati Andi Utta

Ketua Panitia Latifah Nur Qalbi menyampaikan acara "Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Generasi Berencana Tingkat Kabupaten Bulukumba" juga menyertakan Genre Award Pembina Genre Inspiratif, yang memberikan penghargaan kepada individu yang memiliki peran inspiratif dalam memajukan generasi muda.

Selain itu, pemberian piagam penghargaan kepada sponsor yang mendukung kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi atas donasi mereka.

Panitia dan dewan juri memberikan kesempatan kepada para finalis untuk menyampaikan argumentasi dan narasi terkait strategi yang akan dilakukan oleh calon duta genre sebagai konselor dan pendidik sebaya dalam menerapkan prilaku hidup sehat guna mencegah stunting sejak dini.

Baca Juga : Luncurkan KM Cantika Lestari, Bupati Andi Utta : Mobilitas Masyarakat Lebih Cepat

Seluruh acara Apresiasi Duta Genre Bulukumba dikemas dengan baik dan dipadu dengan koreografi menarik oleh panitia pelaksana dari Kelompok PIK Remaja se Kabupaten Bulukumba yang tergabung dalam Forum Genre Panrita Lopi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Generasi Berencana #Duta Genre #Ahmad Arif #Fitri Yuliani #Konseling Remaja #Dr. Wahyuni #Latifah Nur Qalbi #Forum Genre Panrita Lopi #Bulukumba
Youtube Jejakfakta.com