Sabtu, 27 Januari 2024 21:02

Aliyah Mustika Ilham Imbau Masyarakat Cek Mutu Saat Belanja Alkes dan PKRT 

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Atri Suryatri Abbas
Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham menghadiri kegiatan edukatif KIE yang dilaksanakan di Four Point By Sheraton Makassar, Sabtu (27/1/2024). @Jejakfakta/Reza Arifuddin
Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham menghadiri kegiatan edukatif KIE yang dilaksanakan di Four Point By Sheraton Makassar, Sabtu (27/1/2024). @Jejakfakta/Reza Arifuddin

Alkes paling sering digunakan saat ini yakni masker dan sabun cuci perlengkapan rumah tangga. 

Jejakfakta.com, Makassar -- Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menggunakan Alkes dan PKRT dengan baik dan benar, Komisi IX DPR RI dan Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Pengawasan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (RI) gelar KIE di Makassar. 

Kegiatan edukatif tersebut dilaksanakan di Four Point By Sheraton Makassar, Sabtu (27/1/2024). 

Pada kesempatan tersebut, Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham imbau kepada masyarakat untuk mengedepankan mutu saat berbelanja Alat Kesehatan (Alkes) ataupun Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT). 

Baca Juga : Terima IAS Daftar Cagub, Ni'matullah: Demokrat Cari Pemimpin Beradab dan Solutif

"Perhatikan kualitas, jangan tergiur dengan harga ekonomis. Langkah tersebut merupakan upaya sederhana agar terhindar dari efek kesalahan penggunaan Alkes dan PKRT," imbuh Aliyah Mustika Ilham. 

Legislator Demokrat yang dikenal sangat peduli kesehatan masyarakat ini, juga menyebutkan alkes paling sering digunakan saat ini seperti masker dan sabun cuci perlengkapan rumah tangga. 

"Mungkin kelihatan sederhana, tapi jika alkes dan PKRT ini tidak sesuai aturan produksinya, akan berdampak jangka panjang pada kesehatan pastinya," pungkas Aliyah Mustika Ilham. 

Baca Juga : Peduli Kesehatan Lingkungan, Aliyah Mustika Ilham Gandeng Kemenkes Kampanye 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Jeneponto

Untuk itu, dia berharap melalui KIE ini bisa mengedukasi sehingga masyarakat bisa lebih sehat menjalani kehidupan sehari-hari. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut, kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Dr.dr.H. Ishak Iskandar, M.kes, Direktur Pengawasan Alat Kesehatan Kemenkes RI, Dra. Eka Purnamasari dan Ketua Tim Kerja Pengawasan Alat Kesehatan Kemenkes RI, Suherman serta ratusan masyarakat dari berbagai kalangan sebagai peserta.(*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Aliyah Mustika Ilham #Alat Kesehatan #perlengkapan rumah tangga #peduli kesehatan
Youtube Jejakfakta.com