Jumat, 02 Februari 2024 10:26

Sekda Takalar Telah Diperiksa, Bawaslu Minta Kepercayaan Publik

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Samsir
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Takalar Ince Hadiy. @Jejakfakta/dok. Ist.
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Takalar Ince Hadiy. @Jejakfakta/dok. Ist.

Klarifikasi Sekda Takalar merupakan langkah hukum yang dijalankan Bawaslu Takalar.

Jejakfakta.com, Takalar -- Bawaslu Kabupaten Takalar telah memeriksa Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi atas laporan yang terkait netralitas ASN atas posisinya sebagai pejabat negara.

Diketahui, Muhammad Hasbi jadi perbincangan publik usai viralnya sebuah video yang diduga telah mengkampanyekan anak Presiden Jokowi Widodo untuk menang dalam Pilpres 2024. Diketahui, Gibran Rakabuming Raka merupakan anak Jokowi yang maju sebagai Cawapres berpasangan Prabowo Subianto.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Takalar Ince Hadiy mengaku pihaknya sudah mendapat keterangan klarifikasi dari Muhammad Hasbi.

Baca Juga : Caleg DPR RI Syarifuddin Divonis Bersalah, Hakim Jatuhi Hukuman 5 Bulan Penjara

"Laporan tersebut sementara kami proses, tadi Pak Sekda sudah hadiri undangan datang ke kantor Bawaslu Takalar, dan kita sudah lakukan pemeriksaan," ujar Ince saat dikonfirmasi, Kamis (1/2/2024).

Lanjut Ince, selanjutnya pihaknya akan mempelajari hasil keterangan yang didapat dari Muhammad Hasbi tersebut.

"Kita akan pelajari materi-materi klarifikasinya untuk kita kaji dan bahas bersama pimpinan dan tim sentra gakkumdu," ujarnya.

Baca Juga : Hak Politik Difabel Dinilai Belum Utuh dalam Pemilu 2024

Untuk hasil pemeriksaan, kata Ince, pihaknya akan berpegang teguh sesuai mekanisme aturan yang ada. Ia pun meminta agar masyarakat mempercayakan penanganan kasus tersebut kepada Bawaslu Takalar.

"Informasi yang dapat diumumkan terkait hasilnya kita akan sampaikan sesuai aturan, tapi kita tunggu setelah semua proses selesai.

"Jadi terkait hasil penanganan atas kasus ini, publik kami minta bersabar, kita jalankan aturan, yang jelas laporan ini kita proses karena hukum dan hasilnya pun karena hukum," sambungnya.

Baca Juga : Rahmat Bagja: 12.284 TPS Tidak Miliki Alat Bantu Disabilitas Netra

Ditambahkan Ince, kehadiran Muhammad Hasbi dalam memenuhi panggilan pihak Bawaslu tersebut merupakan upaya langkah hukum untuk menemui titik terang atas laporan yang masuk.

"Kehadiran Sekda Takalar dalam klarifikasi merupakan langkah hukum yang dijalankan Bawaslu Takalar mengundang yang bersangkutan untuk dimintai keterangannya," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Bawaslu Takalar #sekda takalar #Muhammad Hasbi #Netralitas ASN #Pemilu 2024
Youtube Jejakfakta.com