Ahad, 11 Februari 2024 14:27

Memasuki Masa Tenang Kampanye, Bawaslu Tertibkan Semua APK di Jalan Protokol

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Atri Suryatri Abbas
Ketua Bawaslu Makassar, Dede Arwinsyah. @Jejakfakta/Atri
Ketua Bawaslu Makassar, Dede Arwinsyah. @Jejakfakta/Atri

Imbau Parpol untuk tidak melakukan aktivitas kampanye jelang hari Pencoblosan.

Jejakfakta.com, Makassar -- Memasuki masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Makassar, menertibkan ratusan Alat Peraga Kampnye (APK), disejumlah jalan protokol di Makassar.

Ketua Bawaslu Makassar, Dede Arwinsyah mengatakan memasuki masa tenang tidak ada lagi ada kampanye termasuk pemasangan alat peraga kampanye. Penertiban APK mulai hari Minggu, 11 Februari hingga Selasa, 13 Februari 2024.

“Masuk tanggal 11, dimana tanggal 11 - 13 sudah masuk tahap kampanye. Itu adalah tahapan di masa tenang, masa tenang itu tidak boleh ada satu pun metode kampanye, salah satunya adalah pemasangan alat peraga kampanye, sehingga kami melakukan koordinasi dengan teman-teman Satpol, menindaklanjuti hasil rakor kemarin dengan teman-teman KPU,” kata Dede saat dikonfirmasi Jejakfakta.com, Minggu (11/2/2024).

Baca Juga : 1.035 TPS di Makassar Rawan Kecurangan, Bawaslu Sebut 4 Kecamatan Tingkat Kerawanan Paling Tinggi

Jauh sebelumnya, kata Dede pihaknya telah mengimbau partai politik (Parpol) untuk diberikan kesempatan secara mandiri menurunkan APK nya diseliruh ruas jalan, mulai tanggal 1-6 Februari lalu.

“Kita sudah memberikan kesempatan secara mandiri dari tanggal 1-6, maka waktunya teman-teman akan turun di 15 kecamatan untuk melakukan pembersihan terkait dengan APK,” bebernya.

APK yang telah ditertibkan, Dede menuturkan bahwa APK tersebut, nantinya di tampung di sejumlah kecamatan, dan parpol juga diperbolehkan untuk mengambil APK-nya masing-masing.

Baca Juga : Ketua Bawaslu RI Ungkap Peserta Pemilu Manipulasi Laporan Dana Kampanye

“Hasil rapat dan diskusi dengan DLH, alat peraga yang diperoleh yang hampir ratusan ribu masing-masing akan ditampung di kantor kecamatan, ketika ada yang misalnya mau mengambil, maka kami persilakan kepada parpol untuk mengambil,” terangnya.

Dalam penertiban APK, Bawaslu Makassar menurunkan sebanyak 45 Panwas Kecamatan, 153 Pengawas Kelurahan, Dinas Lingkungan Hidup, serta petugas Satpol PP.

“Kami tidak melibatkan PTPS dengan asumsi akan mengawasi distribusi C,” ucapnya.

Baca Juga : Bawaslu Makassar Kembali Buka Pendaftaran di 6 Kecamatan, Butuh 114 Pengawas TPS

Dede mengatakan pihaknya telah mengimbau Parpol untuk tidak melakukan aktivitas kampanye di minggu tenang pemilu 2024.

“Dari dua hari yang lalu kami sudah imbau ke teman-teman parpol untuk tidak melakukan aktivitas kampanye di tanggal 11-13,” imbuhnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Bawaslu Makassar #alat peraga kampanye #Penertiban APK
Youtube Jejakfakta.com