Selasa, 13 Februari 2024 08:09

CEK FAKTA

KPU Klarifikasi Surat Suara untuk Capres Nomor Urut 2 di Makassar Telah Tercoblos

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Atri Suryatri Abbas
KPU Makassar distribusi logistik Pemilu ke Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar, Minggu (11/1/2024). @Jejakfakta/Atri
KPU Makassar distribusi logistik Pemilu ke Kecamatan Kepulauan Sangkarrang Kota Makassar, Minggu (11/1/2024). @Jejakfakta/Atri

Logistik Pemilu yang berada di kepulauan Kecamatan Sangkarrang dalam kondisi masih tersegel.

Jejakfakta.com, Makassar -- Jelang pencoblosan, beredar pesan berantai di grup-grup WhatApp (WA) yang menyebutkan surat suara di Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) telah tercoblos.

Dalam narasi pesan berantai itu, surat suara yang telah tercoblos adalah surat suara Pilpes untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Berikut narasi pesan berantai tersebut:

Baca Juga : 6 TPS di Sinjai Bakal Gelar PSU, Ditemukan Pemilih Tidak Tedaftar di DPT

"Halooo...halooo... Barusan saya dapat telpon dari anggota di Pulau Kodingareng. Dia sampaikan kalau kertas suara capres untuk Pulau Kodingareng dibawa pulang ke Makassar karena setelah diperiksa, kertas suara ternyata sudah tercoblos semua paslon nomor 2. Saya suruh cek temannya yang Pulau Barranglompo dan Barrangcaddi, rupanya sama semua. Dibawa kembali karena sudah tercoblos semua paslon no. 2," tulisan dari pesan berantai tersebut.

Pesan Berantai Tidak Benar

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Makassar, Abdi Goncing menegaskan, pesan berantai itu adalah berita bohong atau hoaks.

Baca Juga : Skrining Kesehatan Tekan Angka Kematian Petugas Pemilu

"Info tersebut seluruhnya tidak benar," ucap Abdi Goncing kepada wartawan, Selasa (13/2/2024).

Menyikapi hal ini, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bijak dalam menggunakan sosial media.

"Tetaplah bijak dalam bersosial media di masa tenang pemilu 2024 ini," kata dia.

Baca Juga : Suardi: Petugas KPPS yang Keguguran di Gowa Tidak Tahu Kalau Sedang Hamil

Termasuk, kata Abdi, mewaspadai adanya penyebaran hoaks jelang hari pencoblosan.

"Mari sama-sama menghindari menerima dan menyebar luaskan kabar tidak benar (hoaks), ujaran kebencian, maupun hal-hal lain yang dapat mencederai nilai-nilai dalam kehidupan berdemokrasi kita yang beretika dan santun. Tetap kita jaga kebersamaan dan kesehatan kita semua," tandasnya.

Sementara itu, Bawaslu Sulawesi Selatan (Sulsel) membantah adanya informasi yang beredar di masyarakat terkait surat suara untuk Pilpres 2024 telah tercoblos untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 2 Prabowo-Gibran Rakabuming, di Pulau Kodingareng.

Baca Juga : Cyberity Ungkap Kacaunya Keamanan Siber Pemilu 2024, Arif: Layanan Cloud Sirekap Servernya di RRC, Perancis dan Singapura

Koordinator Humas dan Data Informasi Bawaslu Sulsel, Alamsyah, mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi Bawaslu Makassar terkait informasi adanya kertas suara di Pulau Kodingareng.

"Hoaks itu, karena sampai dengan sekarang panwascam selalu standby hingga malam ini," kata Alamsyah dalam keterangan tertulis, Senin (12/2).

Alamsyah menegaskan sampai saat ini logistik Pemilu yang berada di kepulauan Kecamatan Sangkarrang dalam kondisi masih tersegel.

Baca Juga : Diduga Kelelahan, Seorang Petugas KPPS di Gowa Keguguran Kandungan

"Dipastikan (logistik Pemilu) masih dalam keadaan tersegel," ujarnya.

Adapun terkait logistik Pemilu berupa kotak suara yang ditarik ke kembali ke gudang KPU Makassar yang sebelumnya telah didistribusikan ke Kecamatan Sangkkarang, Alamsyah menyebut itu dilakukan karena kotak suara belum dirakit sehingga harus dikembalikan.

"Logistik berupa kotak suara ditarik kembali ke Makassar, karena harus dalam bentuk rakitan kotak, baru dikirim ke pulau dan hal ini kami juga butuh keterangan resmi dari KPU Makassar," ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#surat suara #Pulau Kodingareng #telah tercoblos #Pemilu 2024
Youtube Jejakfakta.com