Selasa, 13 Februari 2024 16:03

Antisipasi Gangguan Kesehatan, 1.400 Tenaga Kesehatan Siaga Layani Petugas KPPS di Makassar

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Atri Suryatri Abbas
Ilustrasi petugas KPPS melakukan pemeriksaan kesehatan. @Jejafakta/dok. Foto Antara
Ilustrasi petugas KPPS melakukan pemeriksaan kesehatan. @Jejafakta/dok. Foto Antara

Layanan puskesmas dibuka 24 jam untuk mengantisipasi KPPS mengalami gangguan kesehatan dalam bertugas.

Jejakfakta.com, Makassar -- Sebanyak 1.400 tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Makassar disiagakan untuk melayani petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) saat hari pencoblosan besok, Rabu (14/2/2024) berlangsung. Layanan secara mobile dibuka di masing-masing puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr. Nursaidah Sirajuddin, mengatakan pihaknya akan melakukan siaga dengan membuka layanan puskesmas dibuka 24 jam untuk mengantisipasi KPPS mengalami gangguan kesehatan dalam bertugas.

"Kepala Puskesmas nantinya akan mengkoordinir tenaga kesehatan di wilayahnya masing-masing bekerja sama dengan camat, lurah dan RT/RW," kata dr. Ida sapaan akrabnya kepada wartawan, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga : 6 TPS di Sinjai Bakal Gelar PSU, Ditemukan Pemilih Tidak Tedaftar di DPT

Dalam pembagian nakes yang bertugas, dr. Ida menuturkan pihaknya telah memetakan lokasi-lokasi penempatan tenaga kesehatan diseluruh kecamatan.

Sementara itu, kata dr. Ida, karena jumlah nakes yang turun lebih sedikit dari pada petugas KPPS, maka Kecamatan yang memiliki banyak jumlah TPS akan dibuatkan posko kesehatan, sementara kecamatan yang jumlah TPS-nya sedikit akan mendapatkan layanan kesehatan secara mobile.

"Kan TPS-nya 4.004, tidak mungkin saya turunkan 4.004 nakes karena itu tidak cukup. Kecamatan yang banyak dibangun TPS di situ kita standby kan petugas," jelasnya.

Baca Juga : Jika Prabowo-Gibran Terpilih, TKN Hashim Sebut Amran Sulaiman Tetap dalam Lingkaran Kekuasaan

Kendati begitu, dr. Ida memastikan petugas KPPS mendapatakan pelayanan kesehatan yang maksimal. Sehingga dalam penyiagaan, setiap puskesmas menyediakan mobil layanan kesehatan termasuk ambulance.

"Setiap Puskesmas memiliki 2 mobil termasuk ambulance, dua-duanya berfungsi dan bisa mobile setiap hari," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Tenaga Kesehatan #Pemilu 2024 #Layanan Kesehatan #petugas KPPS #Kota Makassar
Youtube Jejakfakta.com