Senin, 01 April 2024 23:04

Ledakan Picu Kebakaran Pabrik Pakan Ternak di Makassar, Satu Meninggal dan 14 Luka-luka

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Samsir
Gedung pabrik PT Pokphand di kawasan Kima, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, meledak dan terbakar. 1 perkerja meninggal dan 14 luka, Senin (1/4/2024). @Jejakfakta/Tangkapan layar
Gedung pabrik PT Pokphand di kawasan Kima, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, meledak dan terbakar. 1 perkerja meninggal dan 14 luka, Senin (1/4/2024). @Jejakfakta/Tangkapan layar

Diduga kebakaran bermula saat pengelasan cerobong yang bocor. Kemudian terjadi percikan api.

Jejakfakta.com, Makassar -- Sebanyak 15 korban dalam kebakaran yang terjadi pada salah satu gedung pabrik PT Pokphand di kawasan Kima, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhamad Ngajib, mengatakan, satu orang meninggal dunia dan 14 lainnya mengalami luka-luka yang saat ini menjalani perawatan medis di RSUP Tadjuddin Chalid dan RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar.

"Ada korban satu orang meninggal di bawah ke Rumah Sakit Wahidin kemudian 14 orang luka-luka," kata Ngajib kepada Wartawan, Senin (1/3/2024).

Baca Juga : Satu Rumah Terbakar di Jalan Dirgantara Makassar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Ngajib mengungkapkan bahwa kebakaran itu terjadi di gudang pabrik pakan ternak ayam.

"Perusahaan (PT) Pokphand yaitu perusahaan tempat pakan dari ayam. (Kejadiannya) kurang lebih 16.00 Wita terjadi ledakkan," ungkapnya.

Sejauh ini, berdasarkan informasi sementara yang didapat kepolisian, kata Ngajib, kejadian itu diduga bermula saat terjadi pengelasan cerobong yang bocor. Kemudian ada terjadi percikan api.

Baca Juga : 4 Pelaku Bom Ikan di Sulsel Ditangkap Polisi, Andi Rian: Merusak Biota Laut 

"Jadi ada satu ceropong bocor kemudian dilakukan pengelasan. Inilah penyebab dari pada ledakkan sehingga korban yang meninggal dunia ada luka melepuh," ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih melakukan penyelidikan dan bakal memeriksa beberapa saksi yang mengetahui kejadian.

Pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan Tim Labfor Polda Sulsel untuk melakukan proses olah tempat kejadian perkara (TKP).

Baca Juga : Operasi Ketupat 2024 Libatkan 4.561 Personil, Pj Gubernur Bahtiar Ingatkan Petugas Jaga Kesehatan

"Kemudian untuk lebih lanjut tentunya kami akan melakukan proses olah TKP yang besok kita laksanakan dengan Tim Labfor dari Polda Sulsel. Kemudian juga olah TKP dari Tim Investigasi lalu kita akan melakukan pemeriksaan saksi-saksi," ungkapnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#kebakaran #PT Pokphand #kawasan Kima #pakan ternak #tim labfor #Polda Sulsel
Youtube Jejakfakta.com