Rabu, 03 April 2024 13:54

Bandara Sultan Hasanuddin Dirikan Posko Terpadu untuk Layani Penumpang Mudik Lebaran 2024

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Atri Suryatri Abbas
PT Angkasa Pura I mulai mendirikan Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2024 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Rabu (3/4/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Angkasa Pura
PT Angkasa Pura I mulai mendirikan Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2024 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Rabu (3/4/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Angkasa Pura

Puncak Arus Mudik diprediksi terjadi pada 7 April 2023.

Jejakfakta.com, Maros -- PT Angkasa Pura I mendirikan Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2024 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Posko yang terletak di area lobby keberangkatan dan akan beroperasi selama 16 hari mulai 3 April hingga 18 April 2023.

General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Taochid Purnomo Hadi, mengatakan jika dibandingkan dengan periode lebaran tahun lalu, diprediksi terjadi peningkatan mobilitas.

"Jumlah penumpang selama periode lebaran 2024 yang datang dan berangkat diperkirakan sekitar 532.132 penumpang atau meningkat sekitar 7%," ujar Taochid melalui keterangan persnya, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga : Besok, Pemkab Lutim Mulai Buka Pendaftaran Arus Balik Gratis

Puncak Arus Mudik diprediksi terjadi pada 7 April 2023 dan Puncak Arus Balik diprediksi pada 18 April 2022.

Menurutnya, melalui posko lebaran 2024, pihak Bandara Sultan Hasanuddin akan berupaya untuk menjaga ketertiban, keselamatan, kenyamanan dan pelayanan bagi pengguna jasa bandara.

Kegiatan ini melibatkan Otoritas Bandara, Airnav, TNI, Kepolisian, Maskapai dll demi kelancaran operasional di bandara

Baca Juga : 6 Topik Pembicaraan Ini Perlu Dihindari Saat Kumpul Keluarga

“Sebelumnya kami telah memastikan kesiapan fasilitas yang ada dan kesiapan petugas operasional untuk menjalankan operasional bandara. Ada total 592 petugas bandara dan BKO. Dan nantinya inspeksi rutin akan dilakukan untuk puncak arus mudik pada H-3 jumlah penumpang diprediksi berjumlah 35.000 – 38.000 penumpang," ujarnya.

Adapun pelayanan yang diberikan diantaranya melayani data penerbangan dan cuaca, kedua peningkatan keamanan dan pelayanan kesehatan.

"Pengawasan dan pemantauan dilakukan secara manual seperti adanya patroli gabungan dan secara digital dengan mengandalkan Airport Operation Control Center (AOCC) agar dapat beroperasi secara efektif dan efisien," terangnya.

Baca Juga : H-2 Lebaran 1445 H, Pelindo Regional 4 Catat Penumpang Kapal Sebanyak 331.130 Orang

Mudik lebaran tahun ini, kata Taochid, terdapat maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra diantaranya Lion Air, Super Air Jet dan Citilink, melayani rute ke Balikpapan, Kulonprogo dan Samarinda.

"Penerbangan ekstra yang tersedia menjadi akomodasi tambahan untuk penumpang selama periode mudik lebaran 2024," pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Sultan Hasanuddin #Angkutan Lebaran #arus mudik #arus balik #lebaran 2024 #pelayanan kesehatan
Youtube Jejakfakta.com