Rabu, 15 Mei 2024 23:09

Sempat Alami Kerusakan Pesawat, 450 Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali Diberangkatkan 

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Samsir
450 jemaah haji kloter 5 embarkasi Makassar kembali diberangkatkan dari Asrama  Haji Suding. Jemaah tersebut harus kembali karena pesawat mengalami kerusakan, Rabu (15/5/2024). @Jejakfakta/Samsir
450 jemaah haji kloter 5 embarkasi Makassar kembali diberangkatkan dari Asrama Haji Suding. Jemaah tersebut harus kembali karena pesawat mengalami kerusakan, Rabu (15/5/2024). @Jejakfakta/Samsir

Maskapai Garuda Indonesia dan disepakati diberangkatkan kembali pada pukul 21.15 Wita. 

Jejakfakta.com, Makassar -- Jemaah Haji Kloter 5 embarkasi Makassar dari Kabupaten Gowa yang sempat mengalami masalah penerbangan diberangkatkan kembali. Diketahui, pesawat Garuda dengan kode penerbangan GA 1105 kembali ke Bandara Hasanuddin lantaran pesawat mengalami kerusakan. 

Jumlah jemaah yang berangkat dari kloter 5 tersebut sebanyak 450 orang. 

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, H Muh Tonang, mengatakan, jemaah haji kloter 5 dalam kondisi baik dan siap untuk diberangkatkan kembali. 

Baca Juga : Stafsus Hasanuddin Ali Sampaikan 3 Pesan Kepada Jamaah Haji Kloter 7 UPG Makassar

Menurut Tonang, pihaknya telah berkoordinasi dengan maskapai Garuda Indonesia dan disepakati akan diberangkatkan kembali pada pukul 21.15 Wita. 

"Saat ini jemaah haji kita yang tiba di asrama haji sudah kita berikan hak-haknya termasuk pelayanan kesehatan, pendampingan kesehatan mengecek semua jemaah haji kita dari aspek kesehatannya melalui dokter klinik di asrama haji ini," ujar Tonang, kepada Wartawan di Aula Mina Asrama Haji Sudiang, Rabu (15/5/2024). 

"Alhamdulilah jemaah sehat-sehat semua, siap diterbangkan juga semua," sambungnya. 

Baca Juga : Mesin Pesawat Jemaah Haji Emabarkasi Makassar Rusak, Kemenag Ingatkan Garuda Indonesia Profesional

Mengenai apa yang terjadi pada pesawat penerbangan, kata Tonang, pihaknya telah memberikan pemahaman kepada para jemaah. Dengan begitu, para jemaah tetap yakin dan ingin melanjutkan penerbangan. 

"Kita lihat semua, mereka tidak merasakan apa-apa nanti ketika di sini ditanya. Nanti ketika diberikan penjelasan," ujarnya. 

Sejauh ini, pihak PPIH Embarkasi Makassar telah semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada jemaah  sebagai standar operasional prosedur (SOP). 

Baca Juga : Dirut Garuda Sebut Ada Percikan Api pada Penerbangan Haji GA-1105 Makassar-Madinah

"Ini semua kami dari pihak PPIH kita sudah berusaha sesuai dengan SOP yang kita gunakan tetapi ada hal lain diluar dari kemampuan kita," ujarnya. 

Sekedar informasi, para jemaah berada di Asrama Haji Sudiang Makassar sekitar 2 jam sebelum berangkat kembali melanjutkan perjalanan menuju tanah Mekkah. Para jemaah mulai meninggal Aula Mina sekitar pukul 20.15 Wita. 

Diberitakan sebelumnya, Penerbangan GA-1105 rute Makassar – Madinah yang mengangkut jemaah haji Kloter 5 asal embarkasi Makassar, melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan. 

Baca Juga : Pesawat Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Kembali ke Bandara Hasanuddin

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyampaikan operasional penerbangan haji tahun 2024 yang saat ini tengah berlangsung pada fase keberangkatan. 

"Dapat kami sampaikan bahwa penerbangan GA-1105 rute Makassar – Madinah pada hari ini, yang merupakan Kloter 5 asal embarkasi Makassar, melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut," ujar Irfan, melalui keterangan pers diterima Jejakfakta.com, Rabu (15/5/2024). 

Menurut Irfan, keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala engine pesawat yang memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut. 

Baca Juga : Ashabul Kahfi Soroti Kinerja Petugas Kloter, Fokus Urus Jemaah untuk Memudahkan Layanan

"Setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine. Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi," terangnya. 

Diketahui, bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT. 

"Dan hingga pernyataan ini disampaikan, seluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti," bebernya. 

Lebih lanjut, Irfan menyampaikan seluruh penumpang pesawat tiba di bandara dalam keadaan selamat dan baik, dan akan kembali diberangkatkan secepatnya mengacu pada kesiapan pesawat pengganti. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Jemaah Haji #Embarkasi Makassar #percikan api #Garuda Indonesia
Youtube Jejakfakta.com