Kamis, 04 Juli 2024 17:17

Presiden Jokowi Tinjau Penyaluran Bantuan Pompa di Bone

Editor : Redaksi
Penulis : Samsir
Presiden Joko Widodo ketika meninjau pengairan sawah di Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (4/7/2024). (Foto: Biro Pers Setpres)
Presiden Joko Widodo ketika meninjau pengairan sawah di Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (4/7/2024). (Foto: Biro Pers Setpres)

Pompa tersebut dapat mengatasi kekurangan air saat musim kemarau.

Jejakfakta.com, Bone -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penyaluran bantuan pompa air di Desa Jaling, Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (4/7/2024). Kepala Negara dalam kesempatan tersebut didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Dalam keterangan tertulisnya, Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut menyempatkan diri berdialog singkat dengan para petani. Seorang petani, Isal, mengatakan, kebutuhan air hujan sangat mendesak guna mengairi sawah.

"Kurang hujan, padahal di sini air hujan saja yang ditunggu. Ini kan sawah tinggi daratannya, jadi menunggu air hujan, baru bisa bertani," ujar Isal.

Baca Juga : Walhi Sulsel Kecam Pengusiran Paksa Kantor PKBI: Tindakan Tidak Manusiawi dan Melanggar Hak Asasi

Isal lantas menyampaikan terima kasihnya atas bantuan pompa air dari pemerintah. Ia mengatakan, kehadiran pompa air sangat membantu ketika bertani.

"Kalau tidak hujan, tidak menggarap sawah, karena ini sawahnya air hujan saja ditunggu. Kalau tidak ada air hujan tidak bisa menggarap sawah, (ada pompa) bisa agak lancar bersawahnya," kata Isal.

Andi Mus Mulyadi, petani, juga merasakan manfaat pompa air tersebut. Ia mengatakan, pompa tersebut dapat mengatasi kekurangan air saat musim kemarau.

Baca Juga : Ciptakan Sejarah atas Kunjungan Jokowi, Ketua IKA Smansa Bulukumba Apresiasi Pemerintah Daerah

"Kalau ada pompa cepat teratasi airnya. (khususnya) kalau kekurangan kayak kemarau," ujar Andi.

Andi juga menyampaikan perbedaan signifikan terkait produktivitas tanam sejak menggunakan pompa irigasi. Menurutnya, para petani dapat bertani hingga tiga kali dalam setahun karena ada pompa air.

"Kalau ndak ada pompa (tanam) satu tahun sekali, selama ini ada pompa, Alhamdulillah, bisa sampai tiga kali. Beda ton-nya selama pakai pompa hampir satu ton dengan pakai pupuk organik," ucap Andi.(rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Joko Widodo #Bone #Pompa Air #penyaluran bantuan
Youtube Jejakfakta.com