Senin, 08 Juli 2024 07:01

KPU Sidrap Manfaatkan Tradisi "Maccera Tappareng" untuk Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

Editor : Redaksi
KPU Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) menyosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Keluarahan Wette'e, Kecamatan Panca Lautang, Minggu (7/7/2024). @Jejakfakta/Rahman Kulo
KPU Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) menyosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Keluarahan Wette'e, Kecamatan Panca Lautang, Minggu (7/7/2024). @Jejakfakta/Rahman Kulo

Menumbuhkan rasa kebersamaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi.

Jejakfakta.com, SIDRAP -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) tak mau ketinggalan momen untuk menyapa masyarakat dan menyosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Bertempat di kegiatan adat "Maccera Tappareng" di Keluarahan Wette'e, Kecamatan Panca Lautang, Minggu (7/7/2024), KPU Sidrap hadir di tengah keramaian untuk menggaungkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi mendatang.

Acara tahunan yang rutin digelar di kampung nelayan ini menjadi kesempatan emas bagi KPU Sidrap untuk bersinergi dengan budaya lokal dalam menyebarkan informasi penting seputar Pilkada. Antusiasme masyarakat menyambut sosialisasi ini pun patut diacungi jempol.

Baca Juga : Hadiri Sosialisasi Daftar Pemilih, Bupati Andi Utta: Tugas Bersama Sukseskan Pilkada

"Alhamdulillah, kegiatan kami di kampung nelayan berlangsung meriah. Bahkan, beberapa warga mengajukan pertanyaan seputar pelaksanaan pilkada mendatang," tutur Akhwan Ali, Koordinator Divisi Sosialiasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sidrap.

Bersama Nursin, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sidrap, Akhwan mengajak seluruh masyarakat yang hadir untuk menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

"Datang dan gunakan hak pilih Anda! Pilihlah pemimpin yang sesuai dengan hati nurani. Ingat, ini adalah hajatan demokrasi lima tahunan," pesan Nursin.

Baca Juga : Koalisi ASPIRASI Sulsel Minta KPU Suarakan Isu Kelompok Marjinal di Pilkada 2024

Tak hanya KPU Sidrap, acara ini juga dihadiri oleh Camat Panca Lautang, Muh. Samir, Kapolsek, dan Danramil setempat. Semarak "Maccera Tappareng" semakin meriah dengan perlombaan balapan perahu dayung yang diikuti oleh ribuan orang, tak hanya dari Sidrap, tetapi juga dari Soppeng dan Wajo.

"Ada dari Soppeng, dari Wajo juga ada, usai kegiatan Maccera dilaksanakan, dilanjutkan juga perlombaan balapan perahu dayung," kata anggota PPK Divisi Sosialiasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Aswar.

Baca Juga : Bawaslu RI Monitoring Kesiapan Pilkada 2024, Bawaslu Makassar : Siap Kawal Seluruh Tahapan

Antusiasme Masyarakat dan Partisipasi Penting dalam Pilkada

Kehadiran KPU Sidrap di "Maccera Tappareng" menunjukkan komitmen mereka untuk menjangkau masyarakat secara luas, bahkan melalui momen budaya lokal. Hal ini sejalan dengan semangat KPU Sidrap untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024.

Sosialisasi di tengah keramaian "Maccera Tappareng" tak hanya informatif, tetapi juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi.

Baca Juga : Bersama KPU Sulsel, Penjabat Gubernur Zudan Arif Bahas Persiapan Pilkada Serentak

"Dengan strategi jemput bola seperti ini, diharapkan Pilkada 2024 di Kabupaten Sidrap dapat berjalan dengan sukses dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan aspiratif," pungkasnya. (*)

Laporan Warga: Rahman Kulo (Sidrap)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Maccera Tappareng #KPU Sidrap #pesta demokrasi #Pilkada 2024 #Sosialisasi
Youtube Jejakfakta.com