Ahad, 07 Juli 2024 16:25

Dugaan Pengaturan Skor di PSM National Championship 2024, Panpel Diskualifikasi SSB Hasanuddin FC

Editor : Redaksi
Penulis : Samsir
Viral di media social potongan video pertandingan sepak bola usai dini yang diduga melakukan pengaturan skor. (Foto: Youtube/Celebes PSM Makassar)
Viral di media social potongan video pertandingan sepak bola usai dini yang diduga melakukan pengaturan skor. (Foto: Youtube/Celebes PSM Makassar)

Panpel memutuskan untuk mendiskualifikasi SSB Hasanuddin FC dari turnamen dan melarang mereka mengikuti PSM Cup di semua kategori umur.

Jejakfakta.com, MAKASSAR -- Ajang PSM National Championship 2024 diwarnai dengan dugaan pengaturan skor yang mencoreng semangat sportifitas. Kejadian ini terungkap dalam pertandingan U-12 antara SSB Hasanuddin FC dan Lapatau Bone di Lapangan Sepak Bola Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar (UNM) pada Sabtu (6/7/2024).

Video yang beredar di media sosial menunjukkan kiper SSB Hasanuddin FC dengan sengaja tidak berusaha menghalau bola saat gawang mereka dibobol oleh Lapatau Bone. Hal ini menimbulkan kecurigaan publik terhadap adanya pengaturan skor dalam pertandingan tersebut.

Menanggapi hal ini, Panitia Pelaksana (Panpel) PSM National Championship 2024 U-10 dan U-12 bergerak cepat. Direktur Pertandingan, M Arif Rijal, menyatakan penyesalan dan kecaman terhadap tindakan tersebut. "Kami sangat menyayangkan dan menyesalkan adanya tindakan tersebut," tegasnya.

Baca Juga : Dugaan Pengaturan Skor di PSM Cup: Andi Suruji Jelaskan Kronologi dan Sanksi

Lebih lanjut, Panpel memutuskan untuk mendiskualifikasi SSB Hasanuddin FC dari turnamen dan melarang mereka mengikuti PSM Cup di semua kategori umur. Sanksi ini diharapkan dapat menjadi efek jera dan mencegah terulangnya kejadian serupa di masa depan.

Dugaan pengaturan skor ini bukan satu-satunya kontroversi yang mewarnai PSM National Championship 2024. Sebelumnya, turnamen ini juga mendapat kritik karena minimnya transparansi dan profesionalisme dalam penyelenggaraannya.

Kasus ini menjadi pengingat bagi semua pihak yang terlibat dalam dunia sepak bola, khususnya di level usia dini, untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan fair play. Sepak bola seharusnya menjadi sarana pembinaan dan pengembangan talenta muda, bukan ajang kecurangan dan manipulasi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#PSM National Championship 2024 #pengaturan skor #SSB Hasanuddin FC
Youtube Jejakfakta.com