Sabtu, 21 Januari 2023 19:07

Pria Sulsel Ditahan di Madinah Diduga Lecehkan Wanita Saat Thawaf

Editor : Agass
Jemaah asal Sulawesi Selatan ditangkap usai lecehkan jemaah di Madinah. (Foto/Antara)
Jemaah asal Sulawesi Selatan ditangkap usai lecehkan jemaah di Madinah. (Foto/Antara)

Kasus dugaan pelecehan itu dilakukan Said saat menjalankan tawaf di Masjidil Haram. Saat itu, Said diduga melecehkan dengan cara menempelkan badan dan tangannya ke payudara jemaah perempuan asal Lebanon itu.

Jejakfakta.com, Internasional - Jamaah umrah Indonesia yang berasal dari Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, inisial MS (26) ditahan di Madinah, Arab Saudi, lantaran diduga melecehkan seorang jemaah wanita. Pelecehan tersebut dilakukan saat melakukan tawaf di Masjidil Haram.

“Iya benar. Jemaah tersebut dari Sulawesi Selatan, namanya MS. Terus mendaftar umrah di PT Madinah Bulaeng di Maros,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel Ikbal Ismail, Jumat (20/1/2023).

Ismail mengatakan MS diberangkatkan ke Tanah Suci pada 3 November 2022. Saat melakukan tawaf, dia diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita asal Lebanon yang juga sedang menunaikan ibadah.

“MS menurut dari hasil BAP pengakuan dia dari belakang merapat ke seorang wanita dari Lebanon. Dan menurut saksi dari polisi di Masjidil Haram, dia memegang payudara jemaah Lebanon tersebut dan disaksikan langsung oleh askar dua orang,” ungkap Ismail.

Saat ini, kasus MS tengah ditangani oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Arab Saudi. Namun dia disebut sulit untuk lepas karena telah mengakui perbuatannya.

Juru Bicara Konsulat Jenderal RI di Jeddah, Ajad Sudrajad menuturkan jemaah Indonesia bernama Said ini tekah ditahan dan sudah dijatuhi vonis hukuman penjara selama 2 tahun ditambah denda 50 ribu real atau sekitar Rp 200 Juta.

Ajad menjelaskan, kasus dugaan pelecehan itu dilakukan Said saat menjalankan tawaf di Masjidil Haram. Saat itu, Said diduga melecehkan dengan cara menempelkan badan dan tangannya ke payudara jemaah perempuan asal Lebanon itu.

“Sudah ditangani langsung oleh KBRI kita di sana untuk mendampingi. Namun, karena ada pengakuan, jadi mungkin agak susah untuk jemaah umrah lepas. Tapi diusahakan bagaimana supaya ada keringanan,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Jemaah Indonesia #Madinah #Arab Saudi
Youtube Jejakfakta.com