Sabtu, 12 November 2022 19:50

Sarabba, Minuman Tradisional Pilihan di Musim Hujan

Editor : Agass
Minuman Sarabba, minuman khas Makassar. (Retno Mandriyarini/Z Creators)
Minuman Sarabba, minuman khas Makassar. (Retno Mandriyarini/Z Creators)

Sarabba bisa menjadi salah satu alternatif selain teh hangat, kopi, atau bajigur yang biasa kita jumpai. Sarabba adalah minuman khas Suku Bugis, Makassar, Sulawesi Selatan.

Jejakfakta.com, Makassar - Orang Makassar tentu tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Sarabba, minuman tradisional yang pilihan yang sering dikonsumsi di musim hujan maupun saat cuaca dingin.  

Minuman ini terbuat dari bahan-bahan alami rempah-rempah khas Indonesia seperti jahe, gula aren, santan, dan bahan pelengkap lainnya. Bisa juga ditambahkan telur ayam kampung dan madu untuk meningkatkan stamina. Banyak orang yang mengkonsumsi sarabba merasa mendapatkan kondisi kesehatannya lebih baik khususnya saat kurang fit atau sedang terserang flu.  

Dikutip dari detik.com, dosen ilmu gizi Universitas Hasanuddin, Dr. Aminuddin Syam mengatakan sarabba memang minuman yang tepat di konsumsi di musim hujan. Menurutnya, di musim hujan cuaca buruk sehingga tubuh rentan diserang penyakit. Karenanya sarabba cocok jadi minuman pilihan di musim hujan. 

Pengunjung sedang menikmati Sarabba (Retno Mandriyarini/Z Creators)

Baca Juga : Menghangatkan Tubuh dengan Sarabba Sungai Cerekang

"Sarabba ini kan bahan utamanya jahe yang mengandung antioksidan. Jadi melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas," ujar Aminuddin Syam.  

Warung-warung yang menjajakan Sarabba dan jajanan yang bisa disantap bersama sarabba bisa ditemukan di jalan Sungai Cerekang Makassar. Sarabba juga seringkali menjadi salah satu menu yang ditawarkan di warung atau kedai-kedai kopi yang cukup banyak tersebar di kota Makassar. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Sarabba #Minuman Khas Makassar
Youtube Jejakfakta.com