Kamis, 09 Maret 2023 21:03

PSM Makassar Raih Kemenangan Dramatis 1-0 Atas Persikabo 1973

PSM Makassar berhasil mencuri poin di kandang Persikabo 1973 dengan skor tipis 1-0. Foto: @officialpersikabo
PSM Makassar berhasil mencuri poin di kandang Persikabo 1973 dengan skor tipis 1-0. Foto: @officialpersikabo

Kemenangan ini membuat PSM Makassar semakin kokoh di puncak klasemen Liga 1 2022-2023 dengan perolehan 65 poin, sementara Persib Bandung menempati posisi kedua dengan 52 poin.

Bogor, Jejakfakta.com - PSM Makassar berhasil membawa pulang poin penuh dalam laga tandang mereka melawan Persikabo 1973. 

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Pakansari Bogor, Kamis (9/3/2023), gol kemenangan Juku Eja dicetak oleh Ramadhan Sananta pada menit ke-90+7 melalui tendangan penalti.

Kemenangan ini membuat PSM Makassar semakin kokoh di puncak klasemen Liga 1 2022-2023 dengan perolehan 65 poin, sementara Persib Bandung menempati posisi kedua dengan 52 poin.

Baca Juga : Timnas Indonesia Bantai Vietnam 3-0, Akhiri Kutukan 20 Tahun di Stadion My Dinh

Babak pertama 

Dalam pertandingan ini, Persikabo 1973 terlihat mendominasi penguasaan bola dan bermain dengan umpan-umpan pendek dari kaki ke kaki. 

Namun, PSM Makassar mampu menaikkan garis pertahanan mereka dan melakukan pressing ketat saat lawan menguasai bola.

Baca Juga : Renovasi Stadion Gelora BJ Habibie Dimulai, Target Rampung 31 Desember 2024

Pertandingan berjalan cukup ketat di awal-awal babak pertama dan belum ada ancaman yang signifikan dari kedua tim hingga 20 menit pertama.

Sayangnya, upaya PSM belum membuahkan hasil karena tendangan Akbar Tanjung masih bisa ditepis oleh kiper Persikabo. 

Persikabo sendiri sempat memberikan ancaman balik melalui tendangan keras Yandi Sofyan, tapi kiper PSM Makassar Reza Arya Pratama mampu mengamankan gawangnya.

Baca Juga : Tampil Tanpa Kekuatan Penuh, Pelatih PSM Ingin Lanjutkan Tren Positif saat Lawan Barito

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim belum berhasil mencetak gol.

Babak kedua

Di babak kedua, PSM Makassar mengambil inisiatif menyerang dan mencoba untuk membuka keunggulan. Namun, upaya mereka untuk mencetak gol masih belum berhasil. 

Baca Juga : AFF Undang PSM Makassar Ikut ASEAN Club Championship

Pada menit ke-62, Didik Wahyu dari Persikabo 1973 mendapat peluang untuk mencetak gol setelah menerima umpan tendangan bebas dari sisi kanan, namun sayangnya dia gagal menangkap bola yang jatuh tepat di depan gawang PSM.

Selanjutnya, permainan kedua tim tidak jauh berbeda dengan babak pertama, di mana keduanya hanya terlibat dalam jual beli serangan tanpa adanya peluang yang membuahkan gol. 

Menjelang berakhirnya babak kedua, Persikabo 1973 mencoba menekan dengan melakukan long pass ke arah sayap, tetapi usaha mereka masih belum mampu membongkar rapatnya pertahanan Juku Eja.

Baca Juga : PSM Makassar di Posisi 8 Klasemen Sementara Usai Tekuk PSS Sleman 2-1

Namun, pada menit ke-83, Persikabo 1973 hampir saja membuka skor setelah Lucas Gama berhasil menanduk bola dari umpan sepak pojok. Sayangnya arah bola masih melebar tipis dari gawang PSM Makassar. 

Di menit ke-90+7, PSM Makassar akhirnya berhasil mencetak gol melalui tendangan penalti Ramadhan Sanantha, sehingga skor berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan PSM Makassar. 

Setelah itu, tidak ada gol lagi yang tercipta hingga peluit panjang berbunyi dan PSM Makassar berhasil memenangkan pertandingan.

Susunan pemain Persikabo 1973 vs PSM Makassar:

Persikabo 1973 (3-5-2): Teddy Setiawan, Nugroho Setyo, Didik Wahyu, Lucao, Lucky Oktavianto, Manahati Lestusen, Roni Sugeng, Bruno Dybal, Komarudin, Pedro Henrique, Yandi Sofyan

PSM Makassar (3-4-2-1): Reza Pratama, Agung Manan, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Safrudin Tahar, Ananda Raehan, Wiljan Pluim, Kenzo Nambu, Yance Sayuri, Everton, Yakob Sayuri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#PSM Makassar #PSM vs Persikabo #BRI Liga 1 2022/2023 #Stadion Pakansari #Ramadhan Sananta
Youtube Jejakfakta.com