Ahad, 30 April 2023 12:02

Pegiat TBC Sulsel Nobar Film Buya Hamka, Kasri Sebut Belajar Kisah Perjuangan Agama dan Bangsa

Editor : Nurdin Amir
Pegiat TBC Sulsel nobar film Buya Hamka di Bioskop CGV Mall Panakkukang Makassar, Jumat (28/4/2023). @Jejakfakta/dok. ist.
Pegiat TBC Sulsel nobar film Buya Hamka di Bioskop CGV Mall Panakkukang Makassar, Jumat (28/4/2023). @Jejakfakta/dok. ist.

Film ini mengisahkan tentang awal mula Hamka menjadi pengurus Muhammadiyah di Makassar dan berhasil memberikan kemajuan pesat di organisasi tersebut.

Jejakfakta.com, Makassar - Pegiat TBC Sulsel memanfaatkan momentum silaturahmi pasca lebaran Idul Fitri dengan nonton bareng (nobar) film Buya Hamka di Bioskop CGV Mall Panakkukang Makassar, Jumat (28/4/2023).

Sebanyak 50 orang dari tim Yamali TB turut dalam nobar bersama tim kerja TB Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, serta beberapa aktivis NGO Sulsel, dan jurnalis.

Ketua Yamali TB Sulsel, Kasri Riswadi mengatakan bahwa agenda nobar ini adalah momentum silaturahmi pasca Idul Fitri yang diisi dengan hiburan berupa nonton film bareng.

Baca Juga : Silaturahmi ke Forkopimda Sulsel, Danny: Makassar Maju karena Dukungan Semua Pihak

Bagi Kasri, film Buya Hamka dipilih ini karena sarat dengan pendidikan dan pembelajaran bagi kita semua terkait pengorbanan untuk agama dan bangsa.

"Kisah Buya Hamka yang ulet, penuh cobaan dan tantangan, serta rela berkorban untuk agama dan bangsa dapat menjadi inspirasi bagi kita-kita, termasuk pegiat TB di Sulsel," jelas Riswadi.

Buya Hamka, kata Riswadi, adalah ulama besar di Indonesia. Dia figur ulama kharismatik, tenang, dan teduh saat berdakwah. Manusia saleh dan berilmu ini adalah teladan bagi sebagian umat Islam di tanah air.

Baca Juga : Open House Hari Kedua Lebaran, Pj Gubernur dan Ketua PKK Sulsel Terima Kunjungan Silaturahmi Kepala Daerah

"Nama besar Buya Hamka tidak lekang ditelan zaman. Banyak pelajaran berharga darinya yang terpatri di tengah masyarakat hingga saat ini," paparnya.

Harapannya, dengan menonton film Kisah Buya Hamka ini mendapatkan berkah dan manfaat yang besar. "Dari kegiatan nobar dan silatirahmi ini, dan tentunya kita dapat terus menjadi insan yang bermanfaat bagi agama, dan bangsa ini," harapnya.

Buya Hamka dan Cerita Memajukan Muhammadiyah di Makassar

Baca Juga : 6 Topik Pembicaraan Ini Perlu Dihindari Saat Kumpul Keluarga


Film Buya Hamka. (Instagram/buyahamkamovie)

Sinopsis film biografi Buya Hamka memiliki cerita yang menarik dan diperankan artis ternama Tanah Air sehingga menjadi tontonan wajib masyarakat Indonesia.

Film yang mulai tayang di bioskop Tanah Air pada Rabu, 19 April 2023 ini digarap oleh sutradara Fajar Bustomi dan ditulis Cassandra Massardi serta Alim Sudio.

Baca Juga : Momen Idul Fitri, Danny Pesan Makmurkan Masjid Kubah 99 dan Pererat Persaudaraan

Beberapa artis ternama Tanah Air bermain di film ini, di antaranya Vino G Bastian, Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Ayu Laksmi, Ayudia Bing Slamet, Mawar Eva de Jongh, Mellya Baskarani, Beby Tsabina, Resha Putri, Ben Kasyafani, Marthino Lio, Mathias Muchus, Cok Simbara, Donny Kusuma, dan masih banyak lagi.

Mengutip sinopsis Buya Hamka di Cineverse.id, film ini mengisahkan tentang awal mula Hamka menjadi pengurus Muhammadiyah di Makassar dan berhasil memberikan kemajuan pesat di organisasi tersebut.

Selain sukses menjadi pengurus Muhammadiyah, Buya Hamka diam-diam juga menulis sastra koran dan cerita roman yang disukai para pembaca. Hal tersebut yang membuat dia diangkat menjadi pemimpin redaksi majalah Pedoman Masyarakat.

Baca Juga : TB Rangers Peringati Hari TBC dengan Edukasi TBC dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Semenjak itu, Buya Hamka mulai berbenturan dengan pihak Jepang hingga akhirnya perusahaan majalah tersebut tutup. Masalah bertambah lagi ketika salah satu anaknya meninggal dunia karena sakit.

Pada sinopsis Buya Hamka ini juga diceritakan usaha dia untuk melakukan pendekatan kepada pihak Jepang. Akan tetapi, usahanya tersebut membaut dia dicap sebagai penjilat dan diminta untuk mundur sebagai pengurus Muhammadiyah.

Untuk mengetahui cerita lengkapnya di film ini, saat ini masih tayang di bioskop kesayangan anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#yamali tb sulsel #Silaturahmi #lebaran idul fitri #film buya hamka #ulama kharismatik #pengurus muhammadiyah di makassar #pedoman masyarakat
Youtube Jejakfakta.com