Selasa, 13 Februari 2024 18:07

1.035 TPS di Makassar Rawan Kecurangan, Bawaslu Sebut 4 Kecamatan Tingkat Kerawanan Paling Tinggi

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Atri Suryatri Abbas
Ketua Bawaslu Kota Makassar, Dede Arwinsyah memberikan keterangan kepada wartawan terkait kerawanan pemilu di Makassar, Selasa (13/2/2024). @Jejakfakta/Atri
Ketua Bawaslu Kota Makassar, Dede Arwinsyah memberikan keterangan kepada wartawan terkait kerawanan pemilu di Makassar, Selasa (13/2/2024). @Jejakfakta/Atri

Pengawas TPS juga diminta antisipasi netralitas ASN hingga money politik.

Jejakfakta.com, Makassar -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Makassar, mengidientifikasi sekitar 1.035 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dianggap sebagai titik rawan. Empat kecamatan yang diduga titik kerawanannya paling tinggi, yakni Tamalate, Makassar, Rappocini, dan Biringkanya.

Ketua Bawaslu Kota Makassar, Dede Arwinsyah, mengatakan empat kecamatan tersebut memiliki TPS yang besar sehingga menjadi perhatian pengawas pemilu.

“Kalau kecamatan yang agak-agak menjadi titik perhatian kami, itu Biringkanaya, Tamalate, Makassar, sama Rappocini, 4 kecamatan itu saya kira jumlah TPS-nya juga agak besar dan itu menjadi perhatian kami di Bawaslu kota, dan mungkin besok kami akan melakukan pemantauan pelaksanaan pemilu di 4 kecamatan itu,” kata Dede kepada Jejakfakta.com, Selasa (13/2/2024).

Baca Juga : Bawaslu RI Ingatkan Pengawas: Tiap Hasil Penghitungan di Tingkat Desa Difoto

Titik kerawanan yang dimaksud, kata Dede tidak hanya dengan TPS yang besar. Tetapi juga dugaan netralitas ASN hingga money politik.

Meski demikian, kata Dede, pihaknya telah mendapatkan bimbingan teknis dan buku panduan untuk pencegahan kerawanan pada setiap TPS.

“Sudah kita melakukan bimbingan teknis, bahkan buku panduan juga sudah kita berikan kepada teman-teman PTPS, untuk melakukan pengawasan terkait dengan TPS rawan itu,” ujarnya.

Baca Juga : Memasuki Masa Tenang Kampanye, Bawaslu Tertibkan Semua APK di Jalan Protokol

Bawaslu Makassar juga telah berkoordinasi dengan Forkopimda untuk mengawasi hal-hal yang dapat memicu ketidakamanan di TPS nantinya.

“Kami sudah berkordinasi dengan Forkopimda untuk kita besok, sama-sama melakukan pemantauan terkait dengan pelaksana pemilu di Kota Makassar,” pungkasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#pengawas pemilu #Bawaslu Makassar #pencegahan kerawanan #titik rawan #tps
Youtube Jejakfakta.com