Rabu, 15 Mei 2024 16:40

Puluhan Pelaku UMKM di Pangkep Dilatih Peningkatan Produk

Editor : Nurdin Amir
Penulis : Erwin Ijarta
Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) memberikan bantuan kepada pelaku UMKM disela pelatihan kewirausahaan mandiri untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pangkep di Rujab Bupati Pangkep, Rabu (15/5/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Pemkab Pangkep
Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) memberikan bantuan kepada pelaku UMKM disela pelatihan kewirausahaan mandiri untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pangkep di Rujab Bupati Pangkep, Rabu (15/5/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Pemkab Pangkep

Pemkab Pangkep terus mendorong peningkatan UMKM bisa masuk ke toko modern.

Jejakfakta.com, PANGKEP -- Puluhan pelaku UMKM ikuti pelatihan kewirausahaan mandiri untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pangkep bertempat di gedung bundar Rujab Bupati Pangkep, Rabu (15/5/2024).

Pelatihan kerjasama Pemkab Pangkep melalui DPMPTSP bekerjasama dengan PT Indomarco Prismatama (Tbk) Makassar.

Pelatihan dibuka oleh Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) dan dihadiri oleh kepala DPMPTSP Sulfida, Pimpinan PT Indomarco Pristama Cabang Makassar Ahmad Suyanto, Pimpinan OPD terkait dan pelaku UMKM Pangkep sebagai peserta pelatihan.

Baca Juga : Monev PPID, Perlu Perbaikan Kualitas Data dan Administrasi

MYL dalam sambutannya mengatakan Pemkab Pangkep terus mendorong peningkatan UMKM di kabupaten Pangkep agar naik kelas sehingga menghasilkan produk yang dapat bersaing.

"Kami pemda ingin menjadi jembatan agar produk-produk pelaku UMKM bisa masuk di toko modern. Pemda akan mensupport para pelaku UMKM agar produknya bisa memenuhi syarat masuk di toko modern," katanya.

Kepala DPMPTSP, Sulfida mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan tindak lanjut MoU antara Pemda Pangkep dengan PT Indomarco Pristama makassar tentang kemitraan UMKM yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama (PKS).

Baca Juga : Bantu UMKM, PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

"Peserta pelatihan kewirausahaan mandiri berjumlah 50 orang yang merupakan kemitraan DPMPTSP," katanya.

License Manager PT Indomarco Pristama Cabang Makassar, Alif Pramana Putra menyampaikan peserta pelatihan diberi materi terkait syarat prdouk UMKM masuk ke toko medern dan demo masak pengolahan produk yang baik.

Dijelaskan, persyaratan produk untuk masuk toko modern mengikuti aturan pemerintah, secara administrasi punya label halal dan PRT.

Baca Juga : Warga Desa Bulu Cindea Terima Sertipikat Redistribusi dan Bantuan Desa

"Sedangkan syarat lainnya, berupa kemasan, barcode, expire dan komposisi. kurang lebih begitu syaratnya," katanya.

Pelatihan ini katanya, hasil tindaklanjut MoU dengan pemkab Pangkep. Produk yang telah dikumpulkan akan dikurasi, produk yang memenuhi syarat akan dipasarkan di toko modern.

"Sementara yang belum memenuhi syarat akan diberi masukan. Harpannya, produk UMKM bisa masuk di toko modern indomart," jelasnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#UMKM #kewirausahaan mandiri #Pemkab Pangkep #toko medern #PT Indomarco Pristama
Youtube Jejakfakta.com