Rabu, 05 Juni 2024 17:50

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pj Gubernur Sulsel Tanam Pohon di Pangkep

Editor : Redaksi
Penulis : Erwin Ijarta
Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, didampingi Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) kepala daerah se-Sulsel, melakukan penanaman pohon di area Smart Farm PT Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Rabu (5/6/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Pemkab Pangkep
Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, didampingi Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) kepala daerah se-Sulsel, melakukan penanaman pohon di area Smart Farm PT Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Rabu (5/6/2024). @Jejakfakta/dok. Humas Pemkab Pangkep

Pemulihan dan pelestarian lingkungan hidup dan upaya penurunan emisi rumah kaca.

Jejakfakta.com, PANGKEP -- Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat provinsi Sulawesi Selatan dipusatkan di area Smart Farm PT Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep, Rabu (5/6/2024).

Pj Gubernur Sulsel, Zudan Arif Fakrulloh, didampingi Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL) kepala daerah se-Sulsel, pimpinan perguruan tinggi dan direksi PT Semen Tonasa melakukan penanaman pohon.

Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan sambutan serentak Mentri LHK, Siti Nurbaya Bakar, terkait pemulihan dan pelestarian lingkungan hidup dan kedua upaya penurunan emisi rumah kaca.

Baca Juga : Kasus Ojol Antar Jenasah ke Pangkep, Kepala Puskesmas Sarappo Minta Maaf 

Caranya kata Zudan, pemulihan dan pelestarian lingkungan hidup dan upaya penurunan emisi rumah kaca dengan memperbanyak ekosistem hijau dan ekosistem ekonomi biru.

"Langkahnya, yang disampaikan bapak bupati Pangkep dengan memperbanyak tanam pohon, terumbu karang, mangrove atau padang lamun. Mari kita tunaikan gerakan menanam Sulawesi selatan, Yang ditanam silakan boleh rumput laut, Mangrove dan tanaman lainnya. Buah-buahan boleh, kelapa, pisang, sukun dan durian, yang tidak boleh, yang tidak menanam," katanya.

Berdasarkan Data Dukcapil, Sulsel dengan jumlah penduduk 9,4 juta penduduk dengan kepala keluarga 2,1 juta.

Baca Juga : Bupati MYL Sidak Pasar Jelang Idul Adha, Harga Cabai Naik

"Jadi kalau setiap bulan, 1 keluarga menanam 1 pohon saja akan ada 2,1 juta tanaman baru dan itu tidak sulit dilakukan," tambahnya.

Zudan mengajak menunaikan gerakan Sulsel menanam untuk menjaga kelestarian lingkungan, memulihkan lingkungan dan akan menurunkan emisi rumah kaca.

"Tindak lanjut berikutnya, Walikota dan bupati yang belum ada anggaran APBD untuk gerakan menanam untuk segera dianggarkan dan dimasukkan ke RKP 2025 atau APBD-P 2024," jelasnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Puji Summer Camp Tompobulu, Desa Wisata Terbaik Ketiga Nasional tahun 2023

Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL) menyampaikan, Pemkab Pangkep setiap tahunnya berkomitmen dan berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dengan banyak menanam pohon.

"Kami berkolaborasi dengan perusahaan dan kampus dan mahasiswa dalam kegiatan penanaman pohon, mangrove dan terumbu karang," katanya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

#Hari Lingkungan Hidup #Kabupaten Pangkep #penanaman pohon #Zudan Arif Fakrulloh #ekonomi biru
Youtube Jejakfakta.com